Indonesia Kerahkan KP Yudistira 8003 ke Laut Cina Selatan

Indonesia telah mengerahkan kapal patroli terbesar yang pernah ada, KP Yudistira (8003) ke komando kabupaten kepulauan Riau.

Dilansir dari laman Janes (4/ 7 /2019), Kapal telah beroperasi di luar pulau Batam sejak pertengahan Juni 2019 di mana kapal itu melakukan operasi di sekitar kepulauan Riau di Laut Cina Selatan termasuk gugusan Kepulauan Natuna.

Menurut informasi dari galangan kapal PT Daya Radar Utama (PT DRU), Yudistira memiliki panjang keseluruhan 73 m, overall beam 11 m, draft 3 m, dan a standard displacement 1.100 ton.

Kapal diluncurkan oleh PT DRU di galangan kapal Tanjung Priok, Jakarta Utara pada 4 Mei 2018.

Didukung oleh dua mesin diesel Caterpillar C175-16, dan tiga generator Caterpillar 150 KW yang menggerakan dua fixed-pitch propellers, kapal dapat mencapai kecepatan tertinggi 18 kt. Kapal juga membawa generator 65 kW cadangan untuk keadaan darurat.

Yudistira memiliki 56 kru, termasuk akomodasi terpisah untuk 12 anggota kru perempuan dan dapat menampung hingga 14 personel khusus untuk misi lainnya. Daya dukung muatannya meliputi 200 ton diesel, 8 ton automotive diesel, 8 ton diesel otomotif, dan 95 ton air tawar.

Yudistira juga dapat menampung helikopter dengan berat hingga 10 ton di dek penerbangannya dan dua RHIB di bagian belakang.

Kapal telah dilengkapi dengan dua meriam air untuk firefighting missions, tetapi saat ini tidak bersenjata, menurut seorang pejabat PT DRU yang berbicara kepada Jane pada tanggal 2 Juli.

Photo: Yudistira, seen here during its sea trials in early-2019. (PT Daya Radar Utama)

Editor: (D.E.S)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s