Klewang II Sedang Dibangun

KRI Klewang – 625 adalah kapal cepat rudal dengan lambung trimaran yang dibangun oleh PT Lundin Industry Invest. Kapal perang canggih ini terbakar saat melakukan uji coba pada bulan September tahun 2012.

Setelah terbakar, trimaran dengan panjang 63 m dan bobot benam 219 ton ini dibangun kembali oleh PT Lundin. Modifikasi bahan dan desain dilakukan oleh PT Lundin agar kapal baru menjadi lebih baik lagi.

Mock up kapal trimaran KRI Klewang II (IMF) 1
Mock up Klewang II (IMF)

Terdapat beberapa perubahan yang telah dilakukan, yaitu desain mast (tiang utama) baru, Combat Management System (CMS) baru dan penggunaan bahan yang lebih tahan api.

Pada tanggal 9 Juli 2019, BPPT melakukan kegiatan sinergi PUI Komposit Polimer Balai Teknologi Polimer – BPPT dan Pustekbang LAPAN bersama PT Dirgantara Indonesia dalam rangka diskusi untuk pengembangan Composite Float N219 A di galangan kapal milik PT Lundin Industry Invest.

Dalam kegiatan ini nampak KRI Klewang II yang sedang menjalani proses pembangunan oleh PT. Lundin, Banyuwangi.

Klewang 2 (BPPT)

Klewang II akan diluncurkan pada pertengahan tahun 2019, hal ini dikatakan oleh John Lundin, ketika diwawancarai oleh Navy Recognition pada gelaran Indo Defence 2018.

Namun ternyata penyelesaian kapal Klewang II molor.

Dalam artikel laman Naval News tanggal 28 Mei 2019, PT Lundin mengatakan bahwa peluncuran kapal Klewang II akan dilakukan pada akhir tahun 2019 bersamaan dengan peluncuran prototipe Tank Boat X-18 Antasena pesanan Kementerian Pertahanan Indonesia.

Photo: Penampakan KRI Klewang II yang dibangun kembali oleh PT Lundin Industry Invest tanggal 9 Juli 2019. (BPPT)

Editor: (D.E.S)

3 tanggapan untuk “Klewang II Sedang Dibangun”

  1. Mudahan2 komposit karbon bodi kapal klwewang 2 lebih kuat dari klewang pertama. (Tapi kalo sampai terbakar lagi patut di curigai mungkin sabotase dari agen intelijen asing).ada negara yang nggk rela Indonesia jadi negara maju đi bidang industri militer.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s