Madagsakar Terima Pesawat “Baru”

Militer Madagaskar telah menerima pengiriman sembilan pesawat, termasuk pesawat transportasi CN235, helikopter AS350, dan pesawat ringan Cessna 206.

Dilansir dari laman Defence Web (5/ 7/ 2019), Pesawat secara resmi diserahkan dalam sebuah upacara di Bandara Internasional Ivato pada tanggal 24 Juni oleh Presiden Andry Rajoelina, yang juga menyerahkan beberapa truk GAZ 4×4 buatan Rusia, dan sejumlah kendaraan segala medan.

Ketiga helikopter Airbus AS350B2 bersumber dari Afrika Selatan – mereka terlihat dengan registrasi Afrika Selatan ketika mereka ikut serta dalam parade flypast Hari Kemerdekaan 26 Juni dengan kode penerbangan BK117 yang bersumber dari Afrika Selatan.

Total ada 17 pesawat, empat helikopter dan 208 kendaraan ikut serta dalam parade.

Salah satu helikopter AS350 (ZS-RHW) diakuisisi oleh Savannah Helicopters dan diterbangkan oleh Netcare 911 selama setidaknya lima tahun sementara yang lain (ZT-RCC), diproduksi pada 2010 dan dibeli oleh Savannah Helicopters pada 2017.

Tampaknya helikopter telah diterbangkan di Indonesia (sebagai PK-TUA) untuk sementara waktu sebelum dikirim ke Afrika Selatan, tampaknya melalui Mesiglo (Money Aviation). Sedangkan AS350 pertama dikirim ke Madagaskar pada 2 Mei.

CN235 merupakan bekas pesawat Angkatan Udara Botswana (serial OG1) yang dijual ke Rampart Aviation sebagai N820CA pada Februari 2011. Pesawat itu ditakdirkan untuk dikirim ke Angkatan Udara Togo, tetapi setelah jatuh, pesawat dijual ke Avcorp Kanada pada Agustus 2013 dan kemudian ke Afrika Selatan sebelum akhirnya dikirim ke Madagaskar sebagai 5R-MUQ.

BK-117 (ZS-HRK) dibangun pada tahun 1988 dan dimiliki oleh Aeronautic Solutions SA, sebuah perusahaan layanan helikopter yang berbasis di Bandara Grand Central. Helikopter sebelumnya dioperasikan oleh Helikopter McAlpine Inggris (sebagai G-HMBB) pada 1990-an dan ADAC Luftrettung di Jerman (sebagai D-HBRE) hingga dijual ke Afrika Selatan sekitar 2015.

Kepresidenan Madagaskar mengatakan lima pesawat ringan Cessna 206 dan CN235 akan digunakan untuk transportasi pasukan dan evakuasi medis, serta untuk memindahkan pasokan dan mendukung operasi bantuan bencana.

Sebelum akuisisi peralatan baru, militer Madagaskar memiliki sejumlah kecil pesawat yang beroperasi, termasuk satu Super Rallye Socata MS885, lima pesawat ultralight Sauper Aviation J300 Joker, beberapa helikopter ex-Belgian SA 316 Alouette II, dan beberapa pesawat dan transportasi ringan, termasuk C212 dan Cessna Skymasters.

Pesawat yang tidak dapat dioperasikan, termasuk MiG-21, Mi-8, C-47 Dakota dan An-26, dibatalkan satu dekade lalu.

Photo: CN235 Madagaskar (Presidence de Madagascar)

Editor: (D.E.S)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s