Erdogan Akan Mengalihkan Pembelian Jet Tempur

F-35 Turkey (Hürriyet Daily News)
F-35 Turkey (Hürriyet Daily News)

Presiden Turki Tayyip Erdogan akan mengalihkan pembelian jet tempur jika Amerika Serikat (AS) benar-benar tak mau melepas F-35.

Dilansir dari laman I News (26/ 07/ 2019), Kongres AS menghentikan program kerja sama pengadaan jet tempur siluman itu karena Turki membeli rudal sistem pertahanan S-400 dari Rusia. Penggunaan rudal S-400 dan jet tempur F-35 oleh Turki dianggap akan mengacaukan.

Sikap berbeda disampaikan Presiden Donald Trump yang justru membela Erdogan. Menurut Trump, Turki diperlakukan tidak adil dan terpaksa membeli S-400 dari Rusia karena pemerintahan AS sebelumnya tak mengizinkan penjualan rudal sistem pertahanan Patriot.

Dalam pidatonya di hadapan anggota parlemen dari partai berkuasa, AK, Erdogan menegaskan akan membeli jet tempur dari negara lain.

“Apakah Anda tak mau memberi kami F-35? Baiklah, maafkan kami, tapi kami harus mengambil tindakan tentang masalah ini dan kami akan beralih ke yang lain,” kata Erdogan, dikutip dari Reuters, Jumat (26/07/2019).

Tak hanya itu, dia mengancam balik akan mempertimbangkan kembali pembelian pesawat komersial Boeing jika penolakan terus terjadi.

“Bahkan jika kami tidak mendapat F-35, kami akan membeli 100 pesawat Boeing canggih, perjanjian sudah ditandatangani. Saat ini, salah satu pesawat Boeing telah tiba dan kami sudah membayarnya. Kami adalah pelanggan yang baik. Tapi, jika keadaan terus seperti ini, kami harus mempertimbangkan kembali,” ujarnya.

Perusahaan pertahanan Rusia, Rostec, siap memasok jet Sukhoi Su-35 ke Turki jika Turki berminat. Namun, para pejabat Turki mengatakan sejauh ini belum ada pembicaraan dengan Rusia soal alternatif pengganti jet tempur F-35.

Editor: (D.E.S)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s