AS Setuju Jual Peralatan Tempur untuk Dukung F-16 Pakistan dan C-17 India

F-16 Pakistan (orfonline)
F-16 Pakistan (orfonline)

AS menyetujui dukungan senilai 125 juta dolar AS untuk pesawat tempur F-16 Pakistan, dan juga 670 dolar AS untuk pesawat transportasi C-17 India.

Dilansir dari laman I News (27/ 07/ 2019), Persetujuan untuk mendukung pesawat buatan AS untuk dua negara yang berselisih itu disetujui oleh Departemen Luar Negeri AS, dan diumumkan secara bersamaan oleh Badan Kerjasama Keamanan Pertahanan AS (DSCA).

Persetujuan dukungan teknis dan logistik untuk F-16 Pakistan muncul hanya beberapa hari setelah Perdana Menteri Imran Khan bertemu dengan Presiden AS Donald Trump di Gedung Putih.

“Penjualan potensial itu akan mendukung kebijakan luar negeri AS dan keamanan nasional dengan melindungi teknologi AS melalui kehadiran personel AS yang terus-menerus menyediakan pemantauan penggunaan akhir 24/7,” demikian bunyi pernyataan yang mengumumkan persetujuan untuk Pakistan, seperti dilaporkan AFP (27/07/2019).

Secara terpisah, DSCA menyatakan bahwa India meminta untuk membeli suku cadang dan peralatan uji coba untuk pesawat angkut Boeing C-17 mereka, dan meminta pelatihan personelmiliter dengan perkiraan biaya 670 juta dolar AS.

“India membutuhkan dukungan lanjutan ini untuk menjaga kesiapan operasional dan kemampuannya untuk memberikan Bantuan Kemanusiaan dan Bantuan Bencana (HA/ DR) di wilayah tersebut,” bunyi pernyataan untuk India.

“India tidak akan kesulitan menyerap dukungan ini ke dalam angkatan bersenjatanya.”

Kedua pernyataan itu menambahkan, usulan penjualan peralatan dan dukungan tidak akan mengubah keseimbangan militer dasar di kawasan itu.

Editor: (D.E.S)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s