Pasca Pembelian S-400, Rusia Cabut Sanksi Turki

Turki mendapatkan sejumlah kelonggaran dari Rusia pasca pembelian rudal S-400. Presiden Rusia Vladimir Putin mencabut sejumlah pembatasan ekonomi yang diberlakukan terhadap Turki. Keputusan itu diambil setelah Turki baru-baru ini membeli sistem pertahanan rudal S-400 Rusia.

Disitir dari Newsweek (27/07/2019), sebuah dokumen yang ditandatangani oleh Putin dirilis di portal resmi informasi hukum milik Rusia.

Dokumen itu menyatakan penghapusan sejumlah pembatasan ekonomi khusus terhadap Turki dan pembaruan parsial dari perjanjian perjalanan yang tidak dibatasi ditangguhkan setelah insiden mematikan pada 2015 lalu.

Dilansir dari laman Sindonews (27/ 07/ 2019), Hubungan antara Moskow dan Ankara jatuh ke titik terendah setelah pesawat tempur F-16 Turki menembak jatuh pesawat jet Su-24 Rusia pada November 2015. Kala itu, pesawat jet Su-24 Rusia terbang di atas wilayah perbatasan antara Suriah dan Turki.

Turki sendiri mendapat tentangan dan terancam dijatuhkan sanksi oleh Amerika Serikat (AS) setelah memutuskan untuk membeli S-400. AS telah menendang Turki dari program jet tempur canggih F-35.

Sementara Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo menjanjikan sanksi tambahan jika Turki mengoperasionalkan sistem pertahanan S-400.

AS dan NATO menentang Turki untuk mengakuisisi sistem pertahanan rudal S-400. Sistem ini dianggap bisa mengungkap rahasia jet tempur F-35 kebanggaan AS dan dinilai tidak cocok dengan sistem pertahanan rudal yang dipakai oleh NATO.

Photo: The first parts of a Russian S-400 missile-defense system are unloaded at an air base near Ankara on July 12. (Reuters)

Editor: (D.E.S)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s