TNI Akan Lengkapi Pulau Nipah dengan Radar untuk Pengawasan Laut

Pulau Nipah (pulau Nipa) Batam Kepri. (Halaman Kepri)
Pulau Nipah (pulau Nipa) Batam Kepri. (Halaman Kepri)

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Kepulauan Riau (Kepri), Sabtu (27/07/2019). Dalam kunjungan ini Panglima TNI juga mengecek kesiapan militer di Pulau Nipah.

Dilansir dari laman Sindonews (27/ 07/ 2019), Hadi Tjahjanto dalam kesempatan ini mengatakan dirinya kesana untuk melihat permasalahan apa saja yang ada. Dimana dia menemukan permasalahan yakni peralatan yang kurang memadai.

“Ternyata ada permasalahan peralatan yang digunakan untuk mengamankan yang kurang,” ujarnya.

Dikatakaannya bahwa Pulau Nipah merupakan pulau yang sangat strategis untuk memantau lalu lintas kapal dikawasan Selat Malaka. Untuk itu TNI akan melengakapi peralatan untuk memonitor, seperti radar dan kamera jarak jauh dan radar yang dimaksud adalah radar laut, karena wilayah perairan ini sangat rawan.

“Ini tempat strategis mengawasi perairan Selat Malaka, jadi ini akan jadi bahan evaluasi di Mabes TNI untuk kita sediakan, selain radar laut juga mengambil radar udara,” ujarnya.

Dijelaskannya peralatan tersebut sangat dibutuhkan untuk memonitor kapal yang melintas. Dimana kapal kapal ini diawasi ini guna menekan penyelundupan barang berbahay, tak berizin bahkan narkotika.

“Ini Saya sengaja ajak Kapolri untuk sama sama mengawasi karena ini juga untuk menekan pengiriman narkoba,” ujarnya.

Dijelaskannya pihaknya juga telah menyiapkan persenjataan yang diperlukan. Namun persenjataan ini bukan diperuntukkan seutuhnya di Pulau Nipah namun ditempat yang dekat. “Kalau persenjataan di Pinang dan Sumatera sudah kita lengkapi,” tutupnya.

Editor: (D.E.S)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s