Kapal Perang Kedua Inggris, HMS Duncan Masuk Teluk Persia

HMS Duncan (Sky News) E
HMS Duncan (Sky News)

HMS Duncan memasuki Teluk Persia hari Minggu untuk mengawal kapal-kapal tanker minyak dan kargo asal negara tersebut. Itu adalah kapal perang kedua yang dikirim ke Teluk Persia setelah ketegangan dengan Iran memanas.

Dilansir dari laman Sindonews (29/ 07/ 2019), HMS Duncan adalah kapal perusak Tipe 45. Kapal tiba di Teluk Persia, seminggu setelah Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) Iran menangkap kapal tanker minyak Stena Impero yang berbendera Inggris di Selat Hormuz, Teluk Persia.

Awal bulan ini, HMS Duncan dikerahkan di Laut Hitam untuk Latihan Sea Breeze 2019, yang melibatkan Angkatan Laut utama Kerajaan Inggris dengan NATO dan negara-negara mitra.

“Kami telah pindah dari penyebaran yang intens di Laut Tengah dan Laut Hitam, yang termasuk dukungan kepada kelompok tempur kapal induk Prancis dengan operasi langsung di Suriah,” kata Tom Trent, komandan kapal HMS Duncan.

“Angkatan Laut Kerajaan terus memberikan kemampuan yang konsisten, abadi, dan berkelas dunia di kawasan ini, HMS Duncan dengan bangga mendukung operasi vital ini dan siap memainkan perannya,” lanjut Trent, seperti dikutip Sputniknews (29/07/2019).

Pengumuman Trent muncul pada hari yang sama ketika Presiden Iran Hassan Rouhani menggambarkan kehadiran pasukan asing sebagai faktor utama yang memicu ketegangan di Timur Tengah.

Meski sudah memasuki Teluk Persia, kehadiran kapal perusak itu tidak akan lama. Tugasnya akan selesai pada akhir Agustus, dan akan diganti pada akhir tahun ini oleh Kent HMS, kapal fregat Tipe 23.

Kapal perang pertama Inggris yang sudah berada di Teluk Persia adalah HMS Montrose.

Editor: (D.E.S)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s