Cari MI-17 yang Jatuh di Papua, TNI Kerahkan Pesawat Intai Strategis

CN 235 MPA (PENDAM XVII Cendrawasih)
Dengan menggunakan pesawat CN 235 MPA, Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Yosua P. Sembiring, selaku Pangkoops TNI wilayah Papua, ikut dalam pencarian (searching flight) heli tersebut, Sabtu (6/7/2019). (PENDAM XVII/CENDERAWASIH)

TNI mengerahkan Pesawat CN-235 milik TNI AU dari Makassar untuk mencari lokasi jatuhnya Helikopter MI-17 yang hilang kontak sejak 28 Juni 2019 di Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua.

Kapuspen TNI, Mayjen TNI Sisriadi menegaskan proses pencarian Helikopter MI-17 bernomor registrasi HA-5138 milik TNI AD belum dihentikan dan hingga sampai saat ini masih terus dilakukan pencarian, sebagaimana dilansir dari laman CNN (2/ 8/ 2019).

“TNI juga akan mengerahkan Heli Bell 412 AD dan Boeing 373 Intai Strategis termasuk CN-235 pendorong logistik yang akan diberangkatkan 2 Agustus 2019 melalui Lanud Sultan Hasanuddin, Makassar,” kata Sisriadi dalam keterangan tertulisnya Kamis (1/8/2019).

Sisriadi mengatakan pencarian hingga kemarin telah memasuki hari ke-33.

“TNI masih melakukan pencarian Helikopter MI-17 yang membawa 12 orang, terdiri dari tujuh orang crew dan lima orang personel Satgas Yonif yang akan melaksanakan pergantian Pos,” katanya.

Helikopter MI-17 milik TNI AD dikabarkan hilang kontak setelah sepuluh menit lepas landas dari Bandara Oksibil, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua, menuju Bandara Sentani, Kabupaten Jayapura.

Helikopter tersebut tengah melakukan misi Pendorongan Logistik (Dorlog) ke Pos Udara Pengamanan Perbatasan (Pamtas) di Distrik Okbibab.

Pada 28 Juni, Kepala Penerangan Daerah Militer (Kapendam) XVII/Cenderawasih Kolonel Inf M Aidi menjelaskan kontak terakhir petugas dengan helikopter tersebut terjadi pada pukul 11.49 WIT, saat berada di ketinggian 7.800 kaki, 6 mil laut ke utara.

Editor: (D.E.S)

Iklan

2 tanggapan untuk “Cari MI-17 yang Jatuh di Papua, TNI Kerahkan Pesawat Intai Strategis”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s