Amerika Serikat Setuju Jual Helikopter Tempur Senilai Rp11 Triliun ke Korsel

MH-60R Seahawk (teammhsco) copy
MH-60R Seahawk (teammhsco)

Pemerintah Amerika Serikat menyetujui penjualan helikopter senilai 800 juta dolar AS atau Rp11 Triliun ke Korea Selatan. Hal itu diumumkan Pentagon Rabu (7/8/2019), beberapa jam setelah Presiden Donald Trump mengatakan Korsel telah setuju membayar lebih untuk kehadiran militer AS di negara itu.

Dilansir dari laman I News (8/ 8/ 2019), Badan Kerjasama Keamanan Pertahanan Pentagon menyatakan, Departemen Luar Negeri AS sudah menyetujui penjualan 12 MH-60R Multi-Mission Seahawk Helikopter dan peralatan radar, komunikasi, dan persenjataan canggih lain.

Helikopter ini akan mendukung misi anti-permukaan dan anti-kapal selam, dan menangani misi lain seperti pencarian dan penyelamatan, serta menyampaikan komunikasi.

“Republik Korea akan menggunakan peningkatan kapabilitas ini sebagai pencegah atss ancaman regional dan untuk memperkuat pertahanan tanah airnya,” demikian pernyataan lembaga itu, seperti dilaporkan AFP (8/8/2019).

Seahawk dibuat oleh divisi Sikorsky dari pabrikan AS, Lockheed Martin.

Penjualan itu disetujui setelah Trump mencuit bahwa kedua negara sudah bernegosiasi terkait keinginan Korsel membayar biaya alat pertahanan yang disediakan AS.

“Selama beberapa dekade terakhir, AS telah dibayar sangat sedikit oleh Korea Selatan,” cuit Trump.

“Korea Selatan adalah negara yang sangat kaya yang sekarang merasa berkewajiban untuk berkontribusi pada pertahanan militer yang diberikan oleh Amerika Serikat. Hubungan antara kedua negara adalah hubungan yang sangat baik!”

Kedua negara berhubungan sangat baik sejak perang Korea 1950-1953, yang berakhir dengan gencatan senjata, bukan perjanjian damai. Lebih dari 28.000 tentara AS ditempatkan di Korea Selatan untuk menjaga negara itu dari ancaman dari Korea Utara.

Editor: (D.E.S)

Iklan

2 tanggapan untuk “Amerika Serikat Setuju Jual Helikopter Tempur Senilai Rp11 Triliun ke Korsel”

  1. Membeli senjata atau pun membuatnya tak akan merubah situasi, solusinya cuman satu asia pasifik bersatu dan bergandeng tangan membuat koalisi militer dan kerjasama disegala bidang yg setara dengan nato’ asia pasifik terlihat bodoh oleh egonya masing2, asia pasifik harus singkirkan ego bila ingin asia pasifik menjadi pusat ekonomi dunia, asia pasifik larut dengan politik adu domba dr ras negara2 diluar asia pasifik,, seharusnya china yg punya potensi menjadi leader asia pasifik mau menyingkirkan ego nya sedikit dan mencoba merangkul negara asia pasifik yg berseteru dengan mereka, cuman china yg mau berubah lebih rendah hati yg bisa menyelamatkan asia pasifik dr politik adu domba yg tdk menginginkan negara2 asia pasofik bersatu.

    Suka

    1. saran ada bagus, namun bukan hanya china saja yang punya ego, korea, jepang dan taiwan juga punya egonya masing-masing dan sejarah diantara mereka sangat membekas. dan sekarang kepentingan mereka masing-masing hanya satu yaitu mencukupi kebutuhan ekonomi masing-masing agar industri di negara mereka selalu berjalan terutama kebutuhan akan minyak. semua berebut pengaruh di indonesia kecuali china dan taiwan. korea dan jepang selalu menarik indonesia agar menjadi sekutunya. sekutu kuat di jalur perdagangan adalah investasi yang baik. china sekarang menuai buah pahit dari jalur sutra darat baru, koridor china dan pakistan, sekarang mungkin jalur sutra yang aman tidak ada. jalur myanmar-china masih bergejolak, jalur thailand-china masih diawang-awang, china masih mentok di jalur china-laos-kamboja

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s