TNI AL Luncurkan Satu Unit Kapal Jenis PC-40 meter

TNI AL meluncurkan (Launching) 1 unit kapal jenis PC-40 meter yang diresmikan Asisten Logistik Kepala Staf Angkatan Laut (Aslog Kasal) Laksamana Muda TNI Moelyanto, di Halte Slipway PT Caputra Mitra Sejati, Cilegon, Banten, Rabu (21/08).

Dilansir dari laman TNI AL (20/ 08/ 2019), Aslog Kasal dalam sambutannya antara lain  mengatakan bahwa pembangunan PC-40 Meter memiliki makna yang sangat strategis bagi industri pertahanan nasional di mana hal ini telah dibuktikan oleh PT Caputra Mitra Sejati yang telah berhasil dan mampu diandalkan dalam pengembangan teknologi industri pertahanan bagi kepentingan nasional.

TNI AL Luncurkan Satu Unit Kapal Jenis PC-40 meter 1

Selain itu, keberhasilan ini merupakan salah satu solusi kongkrit bagi kebijakan industri pertahanan dari negara lain terkait dengan pengadaan Alutsista TNI AL.

“Pembangunan Kapal ini juga merupakan manifestasi penting dari kebijakan dasar pembangunan TNI AL menuju kekuatan pokok minimum dan diharapkan dapat meningkatkan kekuatan dan kemampuan TNI AL dalam melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai komponen utama pertahanan negara di laut”, kata Aslog Kasal.

TNI AL Luncurkan Satu Unit Kapal Jenis PC-40 meter 2

Peluncuran Kapal jenis PC-40 Meter ini ini secara resmi ditandai dengan penekanan tombol sirine oleh Aslog Kasal, dan untuk pertama kalinya kapal ditarik winch slipway keluar dari Dock ke atas air dengan diiringi Mars TNI AL ”Jalesveva Jayamahe”.

Rangkaian seremonial pembangunan Kapal Perang meliputi First Steel Cutting, Keel Laying, Shipnaming, Launching, Delivery dan terakhir Pengukuhan KRI.

TNI AL Luncurkan Satu Unit Kapal Jenis PC-40 meter 3

Kapal jenis PC-40 Meter memiliki panjang keseluruhan 45,5 meter, dengan lebar terbesar 7,9 meter dan tinggi tengah kapal 4,2 meter serta sarat air 1,8 meter . Adapun kecepatan maksimum 24 knot, dengan kecepatan jelajah 17 knot dan kecepatan ekonomis (patroli) 15 knot.

All Photos: TNI AL Luncurkan Satu Unit Kapal Jenis PC-40 meter (TNI AL)

Editor: (D.E.S)

Iklan

2 tanggapan untuk “TNI AL Luncurkan Satu Unit Kapal Jenis PC-40 meter”

  1. Kapal AS Sempat tak Mendapat Izin di Pelabuhan Tanjung Wangi

    JPNN.com 31 Jul. 2019 13:34
    Kapal Angkatan Laut Amerika Serikat USNS Fall River tertahan di Pelabuhan Tanjung Wangi.
    jpnn.com, BANYUWANGI – Kapal Angkatan Laut Amerika Serikat, United States Naval Ship (USNS) Fall River sempat tertahan di Pelabuhan Tanjung Wangi, Selasa pagi.

    Kapal yang memuat personel United States Marine Corps (USMC) itu tak bisa menurunkan personelnya lantaran tak memenuhi persyaratan dokumen.

    Padahal, kapal tersebut direncanakan berlatih bersama personel marinir Indonesia di Kali Selogiri, Desa Ketapang, hari ini (31/7).

    Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Tanjung Wangi Agus Winartono menyatakan, kapal itu tertahan karena dokumennya tidak lengkap.

    Hingga kapal bersandar pukul 10.03, pihaknya sama sekali tidak mendapatkan laporan dari agen kapal.

    ”Seharusnya ada surat atau pemberitahuan minimal 1 x 24 jam sebelum bersandar. Apalagi, itu kapal perang. Kapal bermuatan pupuk saja tetap melaporkan,” ujar Agus.

    Danlanal Banyuwangi Letkol Laut (P) Yulius Azz Zaenal menjelaskan, USNS Fall River sebenarnya datang untuk menurunkan personel dan alat transportasi yang akan digunakan dalam latihan CARAT 2019 dengan marinir Indonesia.

    Namun, karena dianggap tak memenuhi prosedur, pihaknya tidak bisa mengizinkan personel maupun peralatan milik Amerika Serikat tersebut.

    Hal itu sudah sesuai dengan ketentuan pengamanan.

    ”Di Amerika saja KRI kita diperiksa sampai ke saluran pembuangannya, baru diperbolehkan menurunkan personel.

    Ini sejak turun belum ada laporan terkait muatannya dan suratnya juga belum ada,” terang Yulius. (fre/aif/c22/diq/jpnn)

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s