TNI AL Kembali Luncurkan PC-40 M

TNI AL meluncurkan (launching) dan Shipnaming kapal perang baru jenis Patroli Cepat (PC-40 M) yakni KRI Bubara-868 dan KRI Gulamah-869 yang diresmikan oleh Kasal Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M.,  didampingi  Ketua Umum Jalasenastri Ny. Manik Siwi Sukma Adji, bertempat di Halte Slipway PT Caputra Mitra Sejati, Banten, Senin (26/ 08/ 2019).

Alutsista TNI AL  ini, merupakan kapal perang karya anak bangsa yang diproduksi PT Caputra Mitra Sejati Banten, sebagaimana dilansir dari laman TNI AL (26/ 08/ 2019).

Kedua kapal tersebut rencananya akan memperkuat jajaran Satuan Patroli Komando Armada III (Satrol Koarmada III). Peluncuran Kapal perang  ditandai dengan pemotongan tali dan prosesi pemecahan kendi oleh Ketua Umum Jalasenastri Ny. Manik Siwi Sukma Adji serta dilanjutkan dengan peninjauan ke atas kapal.

Pemberian nama Bubara dan Gulamah, diambil dari nama sejenis ikan kakap putih yang merupakan ikan jenis demersal, ikan ini biasa ditemukan di perairan pesisir dan sungai. Kedua ikan ini  memiliki karakteristik kecepatan dan ketahanan dalam berenang.

Pada kesempatan ini, TNI AL mengucapkan terima kasih dan memberikan penghargaan yang tinggi, atas kerjasama, usaha serta kerja keras yang telah dilakukan Direktur PT CMS beserta staf dalam membantu mewujudkan kebutuhan TNI AL dalam pembangunan kapal PC 40 Meter.

Kapal patroli cepat 40 M yang diresmikan ini, memiliki spesifikasi panjang 45,5 meter, lebar 7,9 meter dan  bobot 220 ton.

Kapal ini mampu melaju  dengan kecepatan maksimal 24 knot, kecepatan jelajah 17 knot dan kecepatan ekonomis 15 knot, serta  memiliki ketahanan (endurance) dalam berlayar selama enam hari.

Kapal ini dilengkapi dengan dua unit radar dan senjata meriam 30 mm dan  diawaki  35 prajurit.

Photo: KRI Bubara-868 (PT CMS)

Editor: (D.E.S)

3 tanggapan untuk “TNI AL Kembali Luncurkan PC-40 M”

  1. Spesifikasi kecepatan perknot kcr berapa? Bukankah kapal cepat minimal kecepatannya di atas 30 knot. Kapal cepat mbt macan tutul aja di zaman perang trikora kecepatan udah đi atas 30 knot (padahal mbt zaman dulu.

    Suka

    1. Asal adek tidak mampu dng cara berenang kejar itu kapal saat melaju dng kecepatan 28 knot, berarti sdh termasuk kapal cepat itu dek…hehehe

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s