KRI Mandau – 621 ‘Bersenggolan’ dengan Kapal Penumpang

KRI Mandau - 621 ditabrak KM Mutiara Sentosa (IG)
KRI Mandau – 621 ditabrak KM Mutiara Sentosa (IG)

Danlanal Balikpapan angkat bicara soal insiden ditabraknya KRI Mandau oleh KM Mutiara Sentosa di Pelabuhan Semayang, Balikpapan.

Dilansir dari laman Tribun Kaltim (9/ 9/ 2019), Video detik-detik ditabraknya kapal perang milik TNI AL, yakni KRI Mandau oleh KM Mutiara Sentosa, viral di media sosial.

Insiden menegangkan ini terjadi di kawasan Pelabuhan Semayang Balikpapan, Kalimantan Timur. Minggu menjelang sore kemarin (8/9/2019).

Kapal bernama KM Mutiara Sentosa tiba-tiba menyenggol dengan kapal perang milik TNI AL yang sedang sandar di dermaga pelabuhan Semayang Balikpapan. Peristiwa itu diketahui terjadi sekira pukul 10.00 wita.

Sisi kanan kapal perang KRI Mandau yang disenggol ini mengakibatkan beberapa bagian kapal seperti pagar pembatas menjadi rusak.

Peristiwa menegangkan ini sempat direkam oleh awak kapal dan mendadak viral dimedia sosial bahkan menjadi bahan perbincangan masyarakat.

Pasalnya, KRI Mandau yang tengah bersandar ini justru disenggol oleh KM Mutiara Sentosa yang hendak bersandar di Pelabuhan Semayang Balikpapan. Diduga nahkoda kapal salah memperkirakan arah kemudi kapal saat bersandar.

KRI Mandau - 621 (Wiki)
KRI Mandau – 621 (Wiki)

Video berdurasi 30 detik ini menampilkan detik-detik KM Mutiara Sentosa bersenggolan dengan KRI Mandau. Sontak terdengar suara gesekan yang cukup keras dan mengakibatkan beberapa sudut kapal seperti pagar pembatas menjadi rusak.

KRI Mandau terhimpit bibir Pelabuhan Semayang di satu sisi, dan dihimpit KM Mutiara Sentosa pada sisi lainnya.

Dari rekaman video tersebut terdengar suara yang diduga awak kapal meneriaki nahkoda KM Mutiara Sentosa yang tidak bisa mengendalikan laju kapalnya.

Masih dalam rekaman video, usai bersenggolan, KM Mutiara Sentosa berhasil menjauhkan tubuh kapal dengan KM Mandau.

Danlanal Balikpapan, Kolonel Laut (P) Wahyu Cahyo saat di konfirmasi sejumlah awak media pada Senin (9/9) membenarkan kejadian tersebut. Hanya saja ia menampik kapal perang TNI AL ditabrak oleh KM Mutiara Sentosa.

Wahyu juga mengatakan kejadian ini sudah tidak ada masalah lagi. “Bukan ditabrak, tidak ada masalah kok,” singkatnya.

Saat ditanya apakah pihak Lanal tidak menuntut ganti rugi atas kejadian itu, lantaran KRI Mandau mengalami sedikit kerusakan pada sisi bagian kanan kapal yang disenggol.

Wahyu belum mau menjelaskannya secara detail.

Wahyu mengatakan permasalahan kapal yang bersenggolan sudah tidak ada masalah. “Aman aja, nggak ada masalah,” ujarnya.

Sementara itu, terpisah dari Kabid Keselamatan Berlayar Penjagaan dan Patroli KSOP Klas I Balikpapan, Alex Seleng Allokendek.

Saat dikonfirmasi, ia membenarkan kejadian tersebut, hanya saja hal ini sepenuhnya merupakan kewenangan Lanal Balikpapan selaku pemilik kapal.

“Ya tanyakan saja ke Lanal, itu kapalnya soalnya. Kalau sudah tidak ada masalah yaudah nggak ada masalah,” jelasnya

Dari pantauan Tribun Kaltim, kapal perang milik TNI AL tersebut terlihat masih bersandar di  Pelabuhan Semayang Balikpapan.

Lantaran Lanal Balikpapan sendiri juga hingga kini belum memiliki pelabuhan khusus dan sementara masih menggunakan fasilitas dermaga pelabuhan Semayang Balikpapan untuk menitip kapal perangnya.

Editor: (D.E.S)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s