Rusia Ingin Berbagi Teknologi Sibernya dengan Indonesia

Asosiasi perusahaan teknologi cyber Rusia telah menunjukkan minat untuk berbagi pengetahuan dan mendukung rencana pemerintah Indonesia untuk meningkatkan sumber daya manusia negara tersebut pada teknologi cyber.

Di sela-sela lokakarya “Ekspor Kedaulatan Teknologi” di Jakarta, kepala Association for Exports of Technological Sovereignty (ASSETS), Andrey Bezrukoz, mengatakan bahwa sejumlah besar tenaga kerja di Indonesia memiliki potensi untuk mengembangkan sektor teknologi cyber, sebagaimana dilansir dari laman Kantor Berita Antara (10/ 09/ 2019).

Di sisi lain, Rusia telah diakui secara luas sebagai salah satu dari sedikit negara di dunia dengan sektor teknologi cyber paling canggih, tambahnya.

“Pertemuan itu hanya permulaan karena apa yang ingin kita lakukan adalah menciptakan basis kerjasama teknologi yang permanen antara perusahaan terkemuka dan universitas dari kedua negara. Acara hari ini adalah awal untuk pertukaran teknologi, dan tentu saja, itu juga berarti melatih orang,” Bezrukoz menjelaskan.

Sementara itu, badan non-pemerintah Indonesia Cyber ​​Security Forum (ICSF) menjelaskan bahwa jumlah lulusan dan pakar teknologi cyber di negara ini rendah, walaupun kebutuhan akan pakar cyber relatif tinggi.

“Saya sangat prihatin dengan kapasitas sumber daya manusia kita ketika datang ke teknologi cyber karena tidak ditentukan oleh mesin atau alat, tetapi orang yang menciptakan dan mengembangkannya. Namun, sekarang, lulusan teknologi cyber tampaknya menjadi jarang di negeri ini, “kata Ardi Sutedja, ketua ICSF,.

Karena itu, kolaborasi untuk melatih orang tetap penting untuk mengembangkan sektor teknologi cyber di Indonesia, menurut Sutedja.

Rusia adalah salah satu dari sedikit negara dengan perkembangan teknologi cyber paling canggih di dunia selain AS dan Cina, kata Sutedja.

Oleh karena itu, tawaran dari ASET adalah kesempatan baik bagi Indonesia untuk meningkatkan pengetahuannya tentang teknologi cyber, ia percaya.

“Rusia telah melindungi teknologinya selama bertahun-tahun, tetapi sekarang menjangkau ke negara lain. Tujuan utama dari lokakarya ini adalah, tentu saja, bisnis, tetapi saya melihat perusahaan-perusahaan Rusia juga tertarik untuk berkolaborasi dengan kami dalam mengembangkan platform baru ,” dia menambahkan.

Photo: Head of Association for Exports of Technological Sovereignty (ASSETS) Andrey Bezrukoz (Antara)

Editor: (D.E.S)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s