AS Jual 32 Unit Jet Tempur Siluman F-35 ke Polandia

f-3528defensenews29
F-35 (Defense News)

Pemerintah Amerika Serikat (AS) setuju menjual 32 unit jet tempur siluman F-35 Joint Strike Fighters ke Polandia. Penjualan itu guna meningkatkan kemampuan udara sekutu penting NATO itu.

Dilansir dari laman I News (12/ 09/ 2019), Badan Kerjasama Keamanan Pertahanan AS menyatakan, F-35 akan memperkuat angkatan udara Polandia dan menggantikan jet MiG-29 dan Su-22 buatan Rusia. Menggunakan F-35, menurut Polandia, akan meningkatkan interoperabilitas negara itu dengan NATO.

“Penjualan yang diusulkan ini akan mendukung kebijakan luar negeri dan keamanan nasional Amerika Serikat dengan meningkatkan keamanan sekutu NATO, yang merupakan kekuatan penting bagi stabilitas politik dan kemajuan ekonomi di Eropa,” lapor badan itu, seperti dilaporkan AFP, Kamis (12/09/2019).

Rencana penjualan ini muncul saat Presiden Polandia Andrzej Duda berkunjung ke Washington. Dua pesawat canggih itu terbang di atas Gedung Putih saat kunjungan Duda, dan memamerkan keunggulan mereka.

Trump juga mengumumkan pada Juni bahwa dia akan mengirim 1.000 pasukan lagi ke Polandia untuk melawan Rusia.

Sekitar 5.000 tentara AS sudah diterjunkan bersama pasukan NATO di Polandia sebagai bagian dari rotasi, bukan tugas permanen.

Editor: (D.E.S)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s