Paparan Tentang Desain Konseptual Sistem Transmisi Data dari Pesawat Nirawak ke BMS

Leopard 2 RI dan BMS (Yonkav 1 Kostrad) 1
Leopard 2 RI dan BMS (Yonkav 1 Kostrad)

Balitbang Kemhan menyelenggarakan kegiatan paparan tentang desain konseptual sistem transmisi data dari pesawat nirawak (Unmanned Aerial Vehicles) ke Battlefield Management System (BMS) yang dilaksanakan di Rupatama Lantai V Gedung Ir. H. Djuanda Balitbang Kemhan, Jl. Jati No.1 Pondok Labu, Jakarta Selatan.

Dilansir dari laman web Kemhan (18/ 09/ 2019), Acara dihadiri Kapuslitbang Strahan Balitbang Kemhan Laksma TNI Arif Harnanto, S.T., M.Eng, para pejabat Eselon III dan IV serta anggota Balitbang Kemhan. Sebagai pemapar adalah Kasubbid Medan Pertahanan Puslitbang Strahan Balitbang Kemhan Letkol Dwi Hariyanto Putra, S.T., dan moderator Analis Pertahanan Negara Madya Puslitbang Strahan Balitbang Kemhan Eko Raharjo, S.T., M.Si.

Pemapar Letkol Dwi Hariyanto Putra, S.T., menjelaskan bahwa informasi data secara audio visual bagi pimpinan tentang posisi personel, kendaraan tempur, persenjataan, di daerah operasi, manuver pasukan perlu dikoordinir dengan baik sehingga akan meminimalisir kemungkinan adanya pasukan bermanuver di luar skenario pertempuran. Perlu adanya integrasi komunikasi antar keseluruhan unsur satuan dengan manajemen operasi sistem data yang baik, melalui observasi, pengamatan, orientasi, untuk pengambilan keputusan secara realtime dengan pemanfaatan sarana pesawat nirawak atau Unmanned Aerial Vehicles (UAV) ke Battlefield Management System (BMS).

Lebih lanjut menjelaskan, permasalahan yang ada yaitu belum terintegrasi atau interoperability dengan baik sistem komunikasi antara UAV dengan BMS dari aspek sistem transmisi data. Secara nyata kita membutuhkan integrasi sistem transmisi data dalam mendukung pertempuran dari UAV ke BMS guna misi intelejen, pengamatan dan pengintaian dalam mendukung komando pengendali operasi. Diharapkan dengan adanya penelitian ini dapat memberikan kelancaran dalam mentransmisi data secara lengkap kepada pimpinan di lapangan.

Dari penelitian ini diperoleh sistem transmisi data yang dapat mendukung UAV ke BMS yaitu dengan menggunakan media radio RF dengan band VHF dan UHF berkemampuan transmisi data yang besar dan baik yang dimiliki oleh TNI AD.

Dengan sistem transmisi yang baik sebagai media kirim terima data akan berperan penting memberi informasi arah dan mengatur manajemen rute yang dibutuhkan sebagai integrator, mengintegrasikan sistem sensor video, manajemen penginderaan, manajemen persenjataan dan manajemen operasi.

Editor: (D.E.S)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s