PT Lundin Industry Invest Selesaikan Kontrak untuk Memasok 18 Kapal Patroli ke Bangladesh

Kapal patroli cepat X-12 pesanan AL Bangladesh dan Penjaga Pantai Bangladesh
Kapal patroli cepat X-12 pesanan AL Bangladesh dan Penjaga Pantai Bangladesh. (Indomiliter)

Galangan kapal Indonesia PT Lundin Industry Invest (North Sea Boats) telah menyelesaikan kontrak untuk memasok dan membantu pembangunan 18 unit kapal patroli berkecepatan tinggi untuk Bangladesh.

Dilansir dari laman Janes (16/ 09/ 2019), Pengiriman kapal terakhir, yang telah dibangun dengan desain ‘X12’ milik perusahaan, selesai pada minggu 9 September, PT Lundin Industry Invest mengumumkannya melalui saluran media sosial resmi.

Mengutip seorang pejabat senior perusahaan, perusahaan telah mendapatkan kontrak untuk membangun delapan kapal patroli cepat untuk Angkatan Laut Bangladesh pada bulan November 2014. Kontrak tersebut juga mencakup opsi tambahan, yang telah dilaksanakan, untuk membangun 10 kapal lagi untuk Penjaga Pantai Bangladesh.

Sebagai bagian dari klausa alih teknologi kontrak, dua kapal berdasarkan kontrak dibangun di Banyuwangi, Indonesia, sedangkan 16 unit kapal lainnya dibangun di Galangan Kapal dan Pekerjaan Rekayasa milik Angkatan Laut Bangladesh bekerja sama dengan insinyur Indonesia.

Kapal-kapal tersebut didasarkan pada konsep kapal patroli X15, yang pada gilirannya mendapatkan desain dari kapal patroli cepat Combat Boat 90 (CB90) milik Royal Swedia. Kapal memiliki an overall beam 3,5 m, panjang 11,7 m, draws 0,84 m air, dan displaces 10,2 ton.

Editor: (D.E.S)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s