Kemampuan ‘Electronic Warfare’ Jet Tempur KF-X

ALQ-200K Electronic Warfare Pod telah masuk dalam program jet tempur KF-16 dan KF-16D.

Tidak seperti pod ALQ-200K, ALQ-200K untuk jet tempur KF-X akan dikonfigurasi ulang sebagai sistem peperangan elektronik built-in daripada pod eksternal.

Untuk tujuan ini, komponen inti ALQ-200K akan ditanam di dalam jet tempur KF-X.

Di antara kelebihan ALQ-200K adalah high output antenna, yang sangat penting dalam program jet tempur KF-X.

Ini karena Angkatan Udara membutuhkan KF-X untuk menghasilkan gangguan elektronik dengan daya yang tinggi.

Dengan melihat model KF-X, dapat dilihat  dari a large electronic warfare ECM antenna, yang mengingatkan pada antena belakang ICS ALQ-135M, peralatan peperangan elektronik F-15K, yang akan dipasang di bagian belakang jet tempur KF-X.

KF-X dirancang sebagai pesawat dengan tingkat deteksi rendah (RCS). Kombinasi dari tingkat deteksi rendah (RCS) dan kepadatan daya tinggi dari sistem peperangan elektronik dapat menghasilkan SNR yang rendah untuk KF-X di tampilan radar musuh dan pencari RF, bahkan pada jarak yang relatif dekat.

Dengan kata lain, jet tempur KF-X akan memiliki kemampuan bertahan yang sangat tinggi dengan memasukkan sistem peperangan elektronik daya tinggi ke dalam jet tempur dengan RCS rendah.

Red Flag Alaska 15-1
South Korean KF-16D equipped with AN/ ALQ-200K ECM pod. (Daum)

Dilansir dari laman bemil.chosun.com (09/ 08/ 2019), ALQ-200K asli digunakan oleh pesawat tempur KF-16D, yang merupakan sistem peperangan elektronik eksternal, dimana pesawat tidak dapat mengakomodasi ASPJ Electronic Warfare Jammer’s LRUs (consisting of five LRUs) di dalam pesawat karena adanya kursi belakang.

Airborne Self-Protection Jammer (ASPJ) dan Pod ALQ-200K tidak jauh berbeda dalam hal antarmuka pilot.

Ada keuntungan dan kerugian untuk keduanya. Keuntungannya adalah bahwa peralatan ASPJ built-in, sehingga tidak ada peningkatan drag dan tidak menempati garis tengah di bawah gas tempat tangki bahan bakar yang dipasang.

ALQ-200K memiliki kelebihan dengan output yang lebih besar dan antena yang lebih besar daripada ASPJ bawaan, membuat rentang burn-through lebih kecil untuk mengganggu target yang sama dalam situasi taktis yang sama.

Karena merupakan domestic equipment, peningkatannya lebih mudah.

KF-X (29 Juni 2018) (Bemil Chosun) 2
Jet tempur KF-X (Tmes Defense/ Bemil Chosun)

Kekuatan lain dari Pod ALQ-200K termasuk phase-contrast detection algorithm, high-directional disturbance signal transmission, kemampuan untuk merespon High-Pulse Repetition Frequency (PRF) pulse-Doppler radar, dan kontrol kemudi yang gesit menggunakan multiple beam phased array antenna.

High PRF pulsed Doppler radar responsiveness memungkinkan radar Doppler melakukan deteksi untuk mengatasi penggunaan modulasi yang padat dan gesit menggunakan frequency modulated baseband signal dalam pulse repetition time (PRT) pendek dengan modulasi gesit.

Dengan menggunakan a phased array antenna Lotman lens, fase dari masing-masing port array berbeda dan the pencil beam steering angle sama sesuai dengan frekuensi yang dipilih dan waktu input sinyal dari masing-masing port array (depending on which beam port behind the array is selected).

Menggunakan multipoint multi-beam rapid steering, frequency modulation, dan multiple disturbing target response using hops adalah keunggulan tipikal dari ALQ-200K.

SLQ-200K SONATA electronic warfare suite aboard the guided missile destroyer ROKS Yi Sun-sin. Twitter user “shiki_kuroha”
SLQ-200K SONATA electronic warfare suite aboard the guided missile destroyer ROKS Yi Sun-sin. Twitter user “shiki_kuroha”

Mechanism’s disturbing signal steering technology ini juga telah diterapkan pada sistem peperangan elektronik andalan kapal Angkatan Laut, Sistem Sonata SLQ-200K.

Ini memberikan keuntungan dari multiple phase channel reception dan phase contrast probe, yang juga telah diperkenalkan di pod ARD-300K (TAC-ELINT) untuk pesawat pengintai RF-16.

Dalam hubungannya dengan the phased array signal steering technique, orientasi tiga dimensi dari beberapa target yang mengganggu dapat diukur secara tepat, dan orientasi yang diukur memungkinkan penggunaan teknik gangguan cepat.

Photo: Jet tempur KF-X (Time Defense/ Bemil Chosun)

Editor: (D.E.S)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s