Latma Safkar Indopura, Wahana Bangun Hubungan TNI AD – Singapore Army

Latma Safkar Indopura, Wahana Bangun Hubungan TNI AD-Singapore Army
Latma Safkar Indopura, Wahana Bangun Hubungan TNI AD – Singapore Army. (I News)

Wakil Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Letjen TNI Tatang Sulaiman dan Chief of General Staff Singapore Army Brigjen Kenneth Liow memimpin upacara pembukaan Latma Safkar Indopura ke-31, di Kranji Camp III, Singapura. Safkar Indopura merupakan latihan bilateral militer antara TNI AD dengan Singapore Army yang pelaksanaannya diselenggarakan secara bergantian.

Dilansir dari laman I News (19/ 09/ 2019), Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat (Kadispenad), Brigjen TNI Candra Wijaya mengatakan, Latma tidak hanya bertujuan memajukan kesatuan Angkatan Darat kedua negara, namun sebagai wahana membangun hubungan yang kuat antara TNI AD dan Singapore Army.

Dia menuturkan, dalam latihan yang ke-31 ini akan dilaksanakan selama 10 hari di Kranji Camp III dan Murai Urban Training Facility (MUTF) Singapura, mulai 17 hingga 26 September 2019.

“Sebagaimana biasanya dalam kegiatan Latma, masing-masing pimpinan angkatan darat dalam hal ini Wakasad dan Chief of General Staff Singapore Army, keduanya bertindak sebagai pimpinan upacara,” ujar Candra dalam keterangan tertulis, Rabu (18/09/2019).

Selain mengucapkan apresiasi dan kesan terhadap fasilitas latihan Singapore Army yaitu Murai Urban Training Facility dan juga Multi Mission Range Complex (MMRC), dia mengatakan, Wakil KSAD berharap agar Latma ini dapat mengintesifkan interaksi prajurit TNI AD dan Singapore Army.

“Latma sebagai wadah interaksi prajurit dalam membangun hubungan person to person yang kuat sekaligus untuk menumbuhkan sikap saling percaya, saling mengerti, serta saling menghargai antar kedua Angkatan Darat,” tuturnya.

Chandra mengungkapkan, dalam latihan yang diikuti 170 prajurit TNI AD ini, akan memainkan tiga materi latihan, yaitu Combined Post Exercise atau latihan posko, Field Training Exercise atau latihan drill taktis dengan materi serangan pemukiman, serta materi menembak senapan.

“Sebagaimana disampaikan Wakasad, Latma ini juga, pada dasarnya ditujukan untuk sama-sama memajukan kedua Angkatan Darat dalam menghadapi tantangan tugas yang semakin kompleks dan dinamis,” katanya.

“Jadi, dari latihan yang diikuti delegasi TNI AD, yaitu Brigif Mekanis 16/Wira Yudha yang dipimpin Letkol Inf Endra Saputra Kusuma ini, selain diharapkan memajukan kedua Angkatan Darat, juga sebagai wahana untuk membangun hubungan antar TNI AD dan Singapore Army yang lebih kuat dan kokoh,” tutur Chandra.

Untuk diketahui, Brigif Mekanis-16/Wira Yudha merupakan satuan tempur TNI AD yang berada di bawah komando dari Kodam V/Brawijaya, yang diresmikan pada 2007.

Setelah serah terima obor dan bendera dilanjutkan dengan sesi foto bersama, dengan didampingi Kasdam V/Brw Brigjen TNI M. Bambang Ismawan, Waaspam KSAD Brigjen TNI Djaka Budi Utama, dan Wakil Asops KSAD Brigjen TNI Rifki, Wakil KSAD juga berkesempatan untuk meninjau Display statis perlengkapan militer dari TNI AD dan Singapore Army.

Editor: (D.E.S)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s