Koarmada III Laksanakan Koordinasi yang Baik dengan Puspenerbal

Puspenerbal kedatangan satu unit Pesawat CN 235-220 MPA (Puspenerbal) 4
Pesawat CN 235-220 MPA (Puspenerbal)

Satuan udara merupakan unsur pelaksana dari Koarmada III yang bertugas mengkoordinasikan kesiapsiagan tempur. Dimana unsur udara sebagai komponen Sistem Senjata Armada Terpadu (SSAT), dalam rangka mendukung tugas Koarmada III selaku kotama operasi TNI.

Dilansir dari laman Kumparan (24/ 09/ 2019), Pangkoarmada III Laksamana Muda TNI I N.G. Ariawan, S.E., M.M mengatakan Satuan Udara Koarmada III sampai dengan saat ini telah berhasil dalam mengawali peresmian satuan baru di lingkungan Koarmada III, dengan mampu menyusun software dan piranti lunak satuan udara Koarmada III. Serta mampu melaksanakan koordinasi yang baik dengan Puspenerbal, guna mengoptimalkan pesawat udara TNI-AL yang beroperasi di wilayah kerja Koarmada III, baik untuk fungsi patroli udara maritim maupun memenuhi kebutuhan untuk pergeseran personel yang membutuhkan waktu segera.

“Guskamla Koarmada III sebagai komando pelaksana operasi yang memiliki tugas pokok melaksanakan proyeksi kekuatan guna menyelenggarakan operasi keamanan laut dalam penegakan hukum di laut yurisdiksi nasional Indonesia. Baik untuk mendukung pengendalian laut maupun untuk mencapai tujuan strategis, dalam rangka menegakkan kedaulatan dan hukum di laut,” ujarnya saat memimpin upacara serah terima jabatan Komandan Gugus Keamanan Laut (Guskamla) dan Komandan Satuan Udara Koarmada III dalam suatu upacara parade militer di lapangan upacara Mako Koarmada III Kota Sorong Papua Barat, Selasa (24/09).

Lanjutnya, dengan tugas yang sangat kompleks tersebut, Guskamla Koarmada III dituntut terus meningkatkan kesiapsiagaan operasional. Menurutnya, pelaksanaan beberapa tugas operasi dan latihan Guskamla Koarmada III selama periode 2018–2019 yang berhasil dengan baik, diantaranya Latma Multilateral Rimpac 2018 dan latihan penanggulangan bencana Koarmada III tahun anggaran 2019.

Pada bidang operasi, menyelenggarakan operasi keamanan laut dengan sandi “Taring Hiu” dan operasi pengamanan ALKI III dengan sandi “Petir Salawaku sepanjang tahun 2018 sampai dengan saat ini, dengan tugas pokok mengamankan perairan wilayah kerja Koarmada III.

Editor: (D.E.S)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s