China Luncurkan Kapal Perang Tipe 075

Type 075 Landing Helicopter Dock (Naval News)
Type 075 Landing Helicopter Dock (Naval News)

Angkatan Laut Tiongkok meluncurkan kapal perang jenis serbu amfibi pertama dalam sebuah upacara tingkat tinggi di Shanghai.

Kapal perang dengan bobot 40.000 ton ini memiliki panjang 250 m dan lebar 30 m dan dapat mencapai kecepatan hingga 23 knot, dikutip dari laman Daily Star (25/ 09/ 2019).

Dilansir dari laman Rakyatku (25/ 09/ 2019), Administrator keselamatan maritim menutup area di galangan kapal Shanghai sebagai bagian dari peluncuran.

Kapal perang Tipe 075 itu diberi luas sekitar 1.500 m dengan lebar 350 m di halaman Hudong-Zhonghua setelah zona tersebut ditutup untuk lalu lintas maritim selama satu setengah jam.

Media pemerintah China mengatakan upacara dimulai sekitar pukul 09.20 pagi waktu setempat dengan lagu kebangsaan, sebelum para pemimpin militer bersama-sama memotong pita dan memecahkan sebotol sampanye di lambungnya.

“Kapal itu adalah jenis pertama dari serangan amfibi yang dikembangkan secara independen oleh China, dengan operasi amfibi yang kuat dan kemampuan untuk melakukan beragam tugas,” lapor Kantor Berita Xinhua.

“Selanjutnya, kapal akan melakukan uji komisioning peralatan, tambatan dan navigasi seperti yang direncanakan.”

Foto yang diambil dalam beberapa bulan terakhir tampaknya menunjukkan konstruksi lambung dan struktur atas berjalan cepat.

Song Zhongping, seorang komentator urusan militer yang berbasis di Hong Kong, mengatakan Tipe 075 akan secara besar-besaran memperluas kemampuan perang amfibi China.

Dia juga mengatakan itu mewakili langkah besar dari kelas Tipe 071 – atau Yuzhao – dermaga platform pendaratan 25.000 ton, lima di antaranya saat ini dalam pelayanan dengan Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat.

“Dibandingkan dengan China Tipe 071, Tipe 075 yang baru dapat mengakomodasi lebih banyak transportasi dan helikopter serang serta dalam koordinasi dengan kapal-kapal efek permukaan, dapat menunjukkan kemampuan serangan yang lebih besar, terutama untuk misi serangan pulau,” katanya.

Sebuah sumber di Beijing mengatakan kepada South China Morning Post bahwa peluncuran resmi itu tidak berarti kapal segera menyandang status operasional.

Masih perlu dilengkapi dengan sistem radar, navigasi dan peperangan elektronik sampai siap untuk uji coba laut.

Editor: (D.E.S)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s