Pindad Akan Tampilkan Tiga Ranpur Terbaru HUT TNI

Pindad akan menampilkan tiga kendaraan tempur terbarunya di tengah perayaan Hari Ulang Tahun TNI pada 5 Oktober 2019 nanti. Tiga produk tersebut adalah medium tank yang dinamai Harimau, Kendaraan Tempur (Rapur) 8×8 untuk pasukan infanteri Kobra, serta panser 6×6 untuk satuan kavaleri Badak.

“Kobra ini yang paling baru,” kata Sekretaris Perusahaan PT Pindad, Tuning Rudyati, sebagaimana dilansir dari laman Tempo, Kamis, 3 Oktober 2019.

Tuning mengatakan, kendati Kobra tergolong paling baru, tapi pengembangannya nyaris berbarengan dengan Medium Tank Harimau.

“Sebenarnya berbarengan untuk 8×8 dengan medium tank, pengembangannya bersama-sama. Tapi kalau perjalanan medium tank ini panjang, dulu kita merakitnya 3 tahun karena memang teknologinya beda banget,” kata dia.

Pindad mengembangkan Ranpur 8×8 Kobra bekerja-sama dengan Republik Ceko. Pilihan kerja-sama tersebut sudah ditimbang dari berbagai segi. Mulai dari pemilihan teknologi, isu politik, hingga nilai ekonomi.

“Dia sejenis dengan Panser 6×6, bukan tank, masih menggunakan roda,” kata Tuning.

Tuning mengatakan, spesifikasi Kobra berbeda dengan Panser 6×6 yang sudah lebih dulu dikembangkan oleh Pindad. “Ranpur 8×8 ini perbedaannya di mobilisasi. Misalnya mengangkut personil lebih banyak,” kata dia.

Tuning mengatakan, pengembangan Ranpur 8×8 Kobra sudah tuntas. Kobra bahkan sudah masuk dalam persiapan kontrak pemesanan pemerintah.

Departemen Korporat Komunikasi PT Pindad, Komarudin mengatakan, Harimau, Kobra, serta Badak tersebut akan mengikuti defile dalam perayaan Hari Ulang Tahun TNI yang akan dipusatkan di Bandara Halim Perdanakusumah, Jakarta, Sabtu, 5 Oktober 2019.

“Ini sudah ikut gladi defile,” kata dia.

Komarudin mengatakan, Pindad menyiapkan masing-masing 1 unit Medium Tank Harimau, Ranpur 8×8 Kobra, serta Badak 6×6.

Uji Dinamik Penembakan Munisi Roket R-Han 122B di Pantai Dampar Lumajang 1
Uji Dinamik Penembakan Munisi Roket R-Han 122B di Pantai Dampar Lumajang. (Marinir)

Andalan Pindad Selain Ranpur

Pindad mempunyai andalan lain di luar kendaraan tempur Badak dan Kobra, serta medium tank Harimau yang akan ikut dalam defile HUT TNI Sabtu besok, 5 Oktober 2019.

Pindad juga sudah memiliki produk roket yakni R-Han 122B yang siap dipesan jika pemerintah membutuhkan. Begitu juga beragam amunisinya. “Semua sudah kita masuki,” kata  Sekretaris Perusahaan PT Pindad, Tuning Rudyati kepada Tempo, Kamis, 3 Oktober 2019.

Tuning mengatakan, seluruh lini kebutuhan alutsista TNI Angkatan Darat sudah bisa dipenuhi Pindad. Mulai dari senjata yang digunakan pasukan, hingga kendaraan tempur.

Senjata misalnya, jagoan Pindad adalah SS2 dengan beragam variasinya. “Untuk perbekalan prajurit itu SS2. Masih di situ dengan berbagai variannya. Serta pistol G2. Unggulan kita senjata itu,” kata Tuning.

Tuning mengatakan, pengembangan senjata juga belum berhenti. Pindad tengah berkonsentrasi dalam pengembangan materialnya. “Kita masuk ke bahan baku material yang lebih ringan,” kata dia.

Tuning mengatakan, pemerintah sangat mendukung dengan beragam perangkat ketentuan dan kebijakannya sehingga Pindad bisa memasok berbagai kebutuhan alutsista TNI.

Relasi baik dengan pengguna juga memberi sejumlah keuntungan untuk pengembangan produk-produk alutsista Pindad.

“Dukungan pemerintah luar biasa dan sangat perlu. Dengan dukungan pemerintah dan kemudian, bagaimana cara mengembangkan ini juga kerja-sama dengan negara lain. Kita menilai teknologinya itu bersama-sama dengan pemerintah dan user. Itu kunci utama kenapa kita bisa terus berkembang lebih baik dengan kualitas yang meningkat,” kata dia.

Photo: Pandur II fitted with a remotely controlled uninhabited module Ares – Elbit Systems UT30MK.II armed with a 30mm Northrop Grumman Bushmaster Mk.44 automatic cannon and a paired 7.62mm machine gun, displayed under Pindad’s brand name at IndoDefense 2018. (Istimewa)

Editor: (D.E.S)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s