Skadron UAV di Lanud Anang Busra Akan Ditempatkan Empat Box Lengkap

Pangakalan Udara atau Lanud Anang Busra Tarakan di Provinsi Kalimantan Utara, terus melakukan penambahan sarana dan prasarana.

Dilansir dari laman Tribunnews (11/ 10/ 2019), Rencananya tahun 2020 TNI AU akan membangun skadron intai tempur atau UAV di Lanud Anang Busra Tarakan.

Danlanud Anang Busra Tarakan, Kolonel HKD Handaka mengungkapkan, pembangunan skadron intai tempur baru dilakukan tahun 2020.

“Meskipun begitu, tahun 2019 ini proses tahap perencanaan pembangunan skadron telah dilakukan. Kita harapkan pembangunan skadron UAV ini dapat selesai Oktober 2020,” ucapnya, Jumat (11/10/2019).

Menurut Handaka, pembangunan skadron intai tempur ini dapat mendeteksi pesawat asing yang masuk di wilayah NKRI, khususnya di daerah perbatasan di Provinsi Kalimantan Utara.

“Kalau ada pesawat asing yang masuk, skadron ini dapat mengintai dan menembak. Begitu pula kalau ada perompak di laut dapat kelihatan,” ujarnya.

Dikatakan Handaka, nantinya skadron UAV di Lanud Anang Busra akan ditempatkan empat box lengkap dengan persenjataan dan pengintainya.

“Pesawat asing atau pun perompak di laut yang masuk di wilayah NKRI, bisa saja ditembak. Namun untuk penembakan itu harus ada prosedurnya. Awalnya tentu diberikan peringatan terlebih dahulu dan mendapatkan perintah dari pimpinan atas,” ungkapnya.

Photo: UAV CH-4 (defence.pk)

Editor: (D.E.S)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s