Latihan Hanud di Dumai Libatkan F-16 TNI AU dan Detasemen Rudal 004

Pangdam I Bukit Barisan, Mayjend Ibnu Triwidodo (kanan), memeriksa alutsista Starstreak di Detasemen Arhanud Rudal 004 Dumai, Dumai, Riau, Senin (9 7). (Antara)
Pangdam I Bukit Barisan, Mayjend Ibnu Triwidodo (kanan), memeriksa alutsista Starstreak di Detasemen Arhanud Rudal 004 Dumai, Dumai, Riau, Senin (9/ 7). (Antara)

PT Pertamina RU-II Dumai‎ Jadi Tuan Rumah,  Latihan Hanud Pasif Tutuka 2019.

Dilansir dari laman Tribunnews (15/ 10/ 2019), Latihan tersebut di laksanakan di lapangan Kantor Utama  PT Pertamina RU-II Dumai, Jalan Putri Tujuh, Kelurahan Tanjunh Palas, Kecamatan Dumai timur, Selasa (15/10/2019).

Pada latihan Hanud Pasif Tutuka 2019 di kota Dumai tersebut, ‎Komandan Satuan Radar 232 Letkol Lek Chandra Kelana Wirabhakti menyatakan kegiatan ini merupakan sinergi antar kesatuan di lingkungan TNI dan Polri serta melibatkan BUMN sebagai pengelola objek vital nasional (obvitnas) yang dalam hal ini adalah Pertamina RU II Dumai.

Ia menambahakan, kegiatan ini telah menjadi agenda tahunan yang diselenggarakan TNI dan telah dipersiapkan sejak 1 bulan yang lalu.

Untuk penyelenggaraan dilaksanakan selama 2 hari mulai Senin (14/10/2019) untuk gladi kegiatan dan Selasa (15/10/2019) untuk pelaksanaan.

Tidak tanggung-tanggung, tambahnya, sebagai bentuk totalitas dalam pelaksanaan kegiatan latihan, pihaknya mendatangkan secara langsung alutsista unggulan seperti 12 unit rudal dari Detasemen Rudal 004 dan radar dengan teknologi terkini yang mampu mendeteksi kondisi udara hingga jarak 250 km.

Sebagai gambaran penyerangan udara, jelasnya, TNI AU juga menerbangkan 2 unit pesawat tempur F-16 yang sempat menimbulkan gemuruh saat melintas langit Kota Dumai.

“Dalam skenario, pesawat dapat dipukul mundur oleh alutsista TNI walaupun serangannya sempat mengenai tangki dan jalur pipa kilang,” sebutnya.

Masih ditempat yang sama, Dandim 0320/Dumai Letkol INF Irdhan mengungkapkan, bahwa pelindungan terhadap obvitnas merupakan salah satu tugas utama TNI tentunya untuk melindungi aset-aset berharga negara.

Apalagi, sebutnya,  dengan peran strategis Pertamina RU II dalam memasok ketersediaan energi nasional, pemilihan kilang RU II sebagai tuan rumah pelaksanaan latihan ini menjadi sangat tepat.

“Kami akan terus optimakan sinergi antara TNI dan Polri serta BUMN yang mengelola obvitnas di berbagai lokasi. Selain itu, secara nasional akan ada langkah optimalisasi dan peningkatan kualitas alutsista dalam menghadapi keadaan darurat,” jelasnya.

Editor: (D.E.S)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s