Bomber H-6K Disebut Salinan Tu-160, Apa Bedanya?

H-6K Military Today
H-6K (Military Today)

Angkatan Udara Cina akan memamerkan Bomber terbaru H-6K dalam pameran dirgantara di Changchun, Jilin, selama lima hari yang dimulai pada Kamis, 17 Oktober 2019. Dikutip dari National Interest, baru-baru ini, H-6K disebut sebagai salinan dari Tupolev Tu-160, armada tempur milik Rusia.

Namun, apa yang membedakan kedua pesawat tempur tersebut? H-6K tak lagi mengganti turbojet Xian WP8 yang ditemukan pada versi H-6  dengan turbofan Soloviev D-30-KP2 Rusia yang baru.

D-30 dua poros turbofan – beberapa orang menyebutnya turbo jet bocor – telah dimodifikasi untuk digunakan di Foxhound Mikoyan MiG-31 yang mampu mencapai kecepatan Mach 2,83 hingga pengangkut militer Ilyushin Il-76 sampai Xian Y-20 yang baru.

D-30 semula dirancang untuk memberi daya pada MiG-31, bukan mesin yang ideal untuk bomber subsonik atau pesawat angkut. Namun ini merupakan peningkatan besar dibandingkan turbojet WP8 primitif yang awalnya dipasang pada H-6.

Dengan mesin tersebut, bomber H-6K meningkat sekitar 30 persen dibandingkan varian H-6 sebelumnya. Bomber modern ini memiliki radius tempur sekitar 3.500 km. Dari segi avionik, H-6K agak tertinggal.

Dilansir dai laman Tempo (16/ 10/ 2019), H-6K dirancang untuk membawa rudal jelajah. Jet itu dapat membawa enam rudal serangan darat jarak jauh CJ-10K atau YJ-12 dan rudal jelajah kapal di sayapnya. Bomber ini juga bisa membawa peluru kendali  lain. Itu membuatnya menjadi ancaman bagi tidak hanya kapal AS dan sekutu, tetapi juga pangkalan darat.

Tu-160 Blackjack Supersonic Bomber (NI)
Tu-160 (NI)

Lalu bagaimana dengan Tupolev Tu-160?

Armada tempur Rusia ini menyediakan berbagai platform dinamis yang dapat dipasang dan diperbarui untuk melakukan berbagai misi, termasuk serangan jarak jauh dengan pasokan senjata berat.

Tu-160 sangat cepat sebagai pembom strategis, mencapai kecepatan maksimum 2.220 km/ jam. Ini jauh melampaui pembom strategis Amerika seperti B1-B Lancer (1.448 km/ jam) dan B-52 (1.000 km/ jam). Tu-160 menawarkan radius tempur 7.300 km yang mengesankan dan melakukan penerbangan transAtlantik pertama dari Murmansk ke Venezuela pada 2008.

Pesawat ini bisa membawa senjata nuklir dan konvensional. Rudal Kh-55MS yang didorong oleh turbofan dapat diluncurkan dari Tu-160 yang membawa hulu ledak nuklir 200 kt dengan jangkauan luar biasa 3.000 km.

Rusia diperkirakan akan membangun 50 bomber Tu-160 tambahan di bawah rencana baru. Pembom strategis yang baru dibangun akan ditingkatkan modelnya, dijuluki Tu-160M2. Produksi diharapkan akan dimulai setelah 2023. Moskow bermaksud untuk secara bersamaan memulai produksi bomber siluman PAK DA, juga didesain Tupolev.

Editor: (D.E.S)

Iklan

One thought on “Bomber H-6K Disebut Salinan Tu-160, Apa Bedanya?”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s