Malaysia Perkuat Angkatan Laut Untuk Antisipasi Kapal Perang China

Kapal-kapal China selama latihan militer di dekat Kepulauan Paracel yang disengketakan di Laut China Selatan. (AFP)
Kapal-kapal China selama latihan militer di dekat Kepulauan Paracel yang disengketakan di Laut China Selatan. (AFP)

Malaysia memperkuat angkatan lautnya demi mempertahankan perairan mereka dengan lebih baik. Hal itu diungkap seorang menteri Malaysia, di tengah ketegangan yang ditimbulkan China di Laut China Selatan (LCS).

China mengklaim hampir seluruh lautan di wilayah itu dan membangun banyak pos militer di pulau-pulau kecil. Hal itu memicu amarah negara-negara lain, termasuk Malaysia.

Ketegangan juga berkobar antara China dan Amerika Serikat (AS), yang mengirim kapal perang melalui Laut China Selatan untuk menegaskan hak internasionalnya atas kebebasan navigasi.

Dalam pidatonya di parlemen, Menteri Luar Negeri Malaysia Saifuddin Abdullah mengatakan pemerintah ingin “mengendalikan keberadaan” kapal perang di laut, sebagian dengan meningkatkan kekuatan angkatan lautnya.

“Kami perlu meningkatkan kemampuan aset kami untuk mengendalikan perairan, terutama dalam konteks menghadapi negara adidaya di Laut China Selatan,” katanya, seperti dilaporkan AFP, Kamis (17/10/2019).

“Bahkan kapal perang Malaysia di angkatan laut jauh lebih kecil daripada kapal penjaga pantai dari China.”

Saifuddin menambahkan, Malaysia, atau blok regional Asosiasi Negara Asia Tenggara (ASEAN), dapat meminta AS dan China untuk mengurangi atau tidak meningkatkan kehadiran kapal mereka.

Bulan lalu, sebuah kapal perusak Angkatan Laut AS berlayar dekat ke Kepulauan Paracel yang dikuasai China di Laut China Selatan, untuk menegaskan kebebasan hak navigasinya.

Editor: (D.E.S)

Iklan

9 tanggapan untuk “Malaysia Perkuat Angkatan Laut Untuk Antisipasi Kapal Perang China”

  1. Kuro ngepot.. Klo ngomong pake argumen jgn asal ngoceh aja.. TDLM (Tentara Laut Diraja Malaysia) itu kapal dan persenjataannya dari Italia, Inggris dan Perancis, bukan dari China junjunanmu itu….

    Suka

    1. Saya coba dengan link/sumber banyak..tp tdk bisa kemungkinan karena filter dr admin..silahkan di google sendiri Keris Class Malaysia…di sini justru saya agak bagaimana dengan di Asia Tenggara banyak negara berkonflik khususnya Laut China Selatan…tapi negara2 ini justru membeli peralatan militer dr China..tp kembali pertimbangan masing negara di baliknya baik politik dan ekonomi yg mungkin akhirnya membuat seperti itu…mungkin butuh komitmen bersama buat melawan china di LCS yg semakin agresif..

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s