Korps Marinir Akan Melakukan Latihan Perang di Daerah Kecamatan Sijuk

BTR-4M Marinir TNI-AL ketika berada di Jimbaran Desa Tanjung Tinggi Jumat (01112019)
BTR-4M Marinir TNI-AL ketika berada di Jimbaran Desa Tanjung Tinggi Jumat (01/ 11/ 2019). (Istimewa)

Pasukan Korps Marinir TNI – AL, Sabtu (02/ 10/ 2019) subuh akan melakukan kegiatan latihan perang berskala nasional di daerah Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung.

Dilansir dari laman Tribunnews (01/ 11/ 2019), Ada 700 prajurit Marinir rencana akan diterjunkan langsung untuk melakukan latihan perang tersebut.

Latihan perang itu, menggunakan alutsista sebanyak 10 unit Tank. Rencana di latihan perang kali ini, akan ada penembakan roket multi laras (MLRS rocket vampire) dan Howitzer 105 mm.

Roket itu akan ditembakkan dari pantai Jimbaran Desa Tanjung Tinggi, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung menuju sasaran di area bekas tambang timah air cengal, Desa Terong. Jarak tembak tersebut kurang lebih 10 kilometer (Km).

Latihan tempur tersebut, bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme pasukan Korps Marinir, agar lebih siap untuk menjalankan tugas-tugas kedepan yang lebih kompleks serta kegiatan sosial bagian dari rangkaian latihan tempur ini, untuk memberikan hiburan dan mendekatkan TNI khususnya Korps Marinir kepada masyarakat Belitung dalam rangka membangun Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia bersama TNI dan Rakyat.

Kegiatan ini, rencana akan dihadiri oleh Komandan Korps Marinir Mayjend TNI (Mar) Suhartono, M.Tr (Han) dan Komandan Pasmar 1 Brigjend TNI (Mar) Nur Alamsyah, M. Tr (Han).

Berikut rangkaian kegiatan dari data Pen Sintel Pasmar 1 TNI-AL :

Tanggal 1 November 2019 :

– pukul 09.00 WIB penanaman 4.000 pohon mangrove yang dilaksanakan di HKm Seberang Bersatu, Desa Juru Seberang.

– pukul 20.00 WIB pemutaran film tentang perjuangan Marinir di Halaman Gedung Nasional Tanjungpandan.

Tanggal 2 November 2019 :

– pukul 04.00 WIB latihan perang di area Desa Tanjung Tinggi (Jimbaran), dan Desa Sijuk (Pantai Siantu), Kecamatan Sijuk dengan area penembahkan 10 Kilometer (Km).

– melakukan penembakan dengan roket multi laras (MLRS rocket vampire) dan Howitzer 105 mm, menuju ke sasaran Air Cengal.

– warga diminta untuk tidak mendekati atau menuju ke area sasaran tersebut, alias harus menjauh dari daerah itu latihan berlangsung dari pukul 04.00 WIB hingga pukul 12.00 WIB serta warga harus menjauh dari sasaran tembak.

Tanggal 3 November 2019 :

– Pukul 07.00 WIB dilaksanakan Kirab Kota, star dari GOR Tanjugpandan menuju Pantai Tanjung Pendam.

– Setelah itu ada kegiatan pengobatan gratis dan khitanan massal serta panggung hiburan, yang dimeriahkan oleh Badikustik band, dan band lokal.

– Kemudian atraksi terjun payung dan warga maupun pelajar diperbolehkan untuk naik kendaraan Tank amfibi yang dilaksanakan di pantai Tanjung Pendam.

Editor: (D.E.S)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s