Sinyal Indonesia Akusisi 32 Unit Jet Tempur F-16

Angkatan Udara Indonesia (TNI AU) berencana untuk melakukan pengadaan dua skuadron pesawat tempur F-16V (Viper) Lockheed Martin Blok 70/ 72 Fighting Falcon, ungkap Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau).

Dilansir dari laman Janes (6/ 11/ 2019), Rencana pengadaan tersebut bertepatan dengan fase ketiga dan terakhir dari program modernisasi TNI AU – disebut Minimum Essential Force (MEF) – yang berlangsung dari tahun 2020 hingga 2024.

Selama fase ini, TNI AU juga berencana untuk menyelesaikan pengadaan pesawat tempur Sukhoi Su-35 yang telah direncanakan.

“Kami akan membeli dua skuadron dalam rencana strategis berikutnya 2020-2024,” kata Kasau Marsekal TNI Yuyu Sutisna yang dilaporkan oleh kantor berita Antara. “Kami akan membeli tipe terbaru dari Block 72 Viper,” tambahnya.

Dia menambahkan, “[Proposal pengadaan F-16] diharapkan akan diproses pada 1 Januari 2020. [Pesawat] akan meningkatkan kekuatan kita. Jika kita memilikinya, kita akan menjadi di antara mereka yang memiliki F-16 canggih.”

Rencana pengadaan 32 unit pesawat tempur F-16 dan 5 unit Su-35 di MEF III (Military Buzz)

Mengomentari potensi pengadaan, juru bicara Lockheed Martin mengatakan kepada Jane tanggal 5 November mengatakan, “Lockheed Martin berkomitmen untuk mendukung Angkatan Udara Indonesia dan siap untuk mendukung kebutuhan pertahanan masa depan mereka.”

Jane memahami bahwa F-16V telah diidentifikasi oleh TNI AU sebagai pengganti pesawat tempur BAE Systems Hawk 109/209, yang telah beroperasi dalam layanan sejak pertengahan 1990-an. TNI AU saat ini mengoperasikan sekitar 30 unit Hawk. Rencana TNI AU untuk pengadaan dua skuadron F-16V akan mencakup 32 pesawat.

TNI AU sudah mengoperasikan lebih dari 30 unit F-16, 24 di antaranya – dalam konfigurasi F-16C/ D – yang telah diperbaharui dan ditingkatkan melalui program USD670 juta dengan Angkatan Udara Amerika Serikat. Pekerjaan ini selesai pada akhir 2017.

F-16 dioperasikan oleh Skadron Udara 16 TNI AU di Pekanbaru, Riau dan Skadron Udara 3 di Iswahyudi, Jawa Timur.

Photo: Rencana pengadaan 32 unit pesawat tempur F-16 dan 5 unit Su-35 di MEF III (Military Buzz)

Editor: (D.E.S)

4 tanggapan untuk “Sinyal Indonesia Akusisi 32 Unit Jet Tempur F-16”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s