Menteri Pertahanan: Kalau Terpaksa, Kita Lakukan Perang Rakyat Semesta

Menteri Pertahanan Letnan Jenderal TNI (Purn) Prabowo Subianto (CNBC Indonesia)
Menteri Pertahanan Letnan Jenderal TNI (Purn) Prabowo Subianto (CNBC Indonesia)

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto buka-bukaan perihal visi dan misi Kementerian Pertahanan dalam Kabinet Indonesia Maju selama lima tahun ke depan.

“Terus terang pertahanan kita selama ini, secara sejarah, dan saya kira sampai sekarang berlaku, dan mungkin kita akan teruskan adalah bahwa pertahanan kita harus mendasarkan dan kita gunakan adalah Pertahanan Rakyat Semesta,” katanya di ruang rapat Komisi I, Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (11/11/2019).

Dilansir dari laman CNBC (11/ 11/ 2019), Prabowo lantas mengatakan, secara teknologi, kekuatan pertahanan RI tidak bisa mengalahkan bangsa lain.


”Tetapi pertahanan kita yang berdasarkan pemikiran, konsep Pertahanan Rakyat Semesta, perang, kalau terpaksa kita terlibat dalam perang, perang yang akan kita laksanakan adalah Perang Rakyat Semesta, The Concept of The Total Peoples War,” ujar Ketua Umum Partai Gerakan Indonesia Raya tersebut.

Ia menuturkan, dalam konsep Pertahanan Rakyat Semesta, rakyat merupakan salah satu komponen. Dia meyakini dengan konsep tersebut, Indonesia tidak bisa dijajah lagi oleh negara lain.

“Itu adalah doktrin Indonesia selama ini. Lahir dari sejarah kita bahwa setiap warga negara berhak dan wajib ikut bela negara. Jadi mungkin kita bisa dihancurkan prasarana kita, tapi saya yakin, Ibu Ketua (Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid), bahwa Indonesia tidak mungkin diduduki bangsa lain karena seluruh rakyat akan menjadi komponen pertahanan negara,” kata Prabowo.

Editor: (D.E.S)

2 tanggapan untuk “Menteri Pertahanan: Kalau Terpaksa, Kita Lakukan Perang Rakyat Semesta”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s