A400M Bisa Mengisi Bahan Bakar di Udara

Kepala Marketing Airbus, Eduardo Pellicer mengatakan perusahaan memberikan opsi tambahan fitur bagi para pembeli pesawat A400M ini.

“Bisa ada fitur alat pengisian bahan bakar di udara,” kata Pellicer di Bandara Halim Perdanakusuma pada Selasa, 12 November 2019, sebagaimana dilansir dari laman Tempo (12/ 11/ 2019).

A400M di Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta, Selasa 12 November 2019. (Antara)

Pellicer menunjuk pada bagian atas pesawat yang menyerupai tongkat menjulur ke depan. Menurut dia, alat itu berfungsi untuk mengisi bahan bakar dengan sangat cepat dan banyak.

Saat ini, Pellicer mengatakan Airbus hanya memproduksi satu ukuran A400M. Pesawat ini tiba dengan membawa sejumlah kargo kecil seperti ban dan koper serta satu kendaraan lapis baja angkut personil, yang bobotnya sekitar 7.5 ton. Pesawat A400M ini memiliki bobot angkut maksimal hingga 37 ton.

A400M di Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta, Selasa 12 November 2019. (Antara) 2

Media mendapat kesempatan untuk masuk ke ruang kokpit dan ruang angkut pesawat. Di ruang kokpit, Letnan Penerbang Collins mengatakan ini merupakan pesawat Airbus pertama yang diterbangkannya.

Dia mengaku tidak mengalami kesulitan mempelajari cara menerbangkan pesawat ini. “Karena Airbus merancang pesawat ini dengan pemikiran memudahkan pilot untuk menerbangkannya,” kata dia.

A400M di Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta, Selasa 12 November 2019. (Antara) 3

Menurut Komandan Sayap Royal Air Force Inggris, Ed Horne, yang menjadi komandan skuadron A400M, pesawat ini terbukti cekatan untuk dikerahkan dengan cepat ke daerah bencana alam.

Horne menjelaskan pesawat angkut ini berhasil melaksanakan tugas membawa bantuan logistik dan peralatan berat serta korban bencana pasca gempa bumi di Palu dan Karibia. Pesawat ini juga melakukan tugas pencarian dan penyelamatan di Pulau Falkland, Argentina, dengan perawatan minimum di lokasi.

A400M di Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta, Selasa 12 November 2019. (Antara) 4

All photos: A400M di Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta, Selasa 12 November 2019. (Antara)

Editor: (D.E.S)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s