Mantan Menhan Sebut Tak Pernah Impor Alutsista

Menteri Pertahanan RI Ryamizard Ryacudu (AFP)
Menteri Pertahanan RI Ryamizard Ryacudu (AFP)

Menteri Pertahanan era Kabinet Kerja Ryamizard Ryacudu mengklaim sudah menjalankan perintah Presiden Joko Widodo agar tidak memenuhi kebutuhan alutsista dari impor. Sebaliknya, pengadaan dilakukan dari industri dalam negeri.

Klaim ini disampaikan Ryamizard menanggapi perintah Presiden yang baru saja disampaikan ke jajaran menteri di Kabinet Indonesia Maju, termasuk ke Menteri Pertahanan baru Prabowo Subianto yang menggantikannya, sebagaimana dilansir dari laman CNN Indonesia (23/ 11/ 2019).

“Loh saya dari dulu begitu, kan saya laksanakan itu dari dulu. Ya harus dari industri dalam negeri, dulu saya kan tidak pernah beli dari luar negeri,” ucap Ryamizard usai menghadiri acara bedah buku di kawasan Medan Merdeka, Jakarta, Sabtu (23/11).

Ia juga mengklaim tidak pernah hanya berorientasi proyek dalam melakukan pengadaan alutsista di era kepemimpinannya. Pemenuhan kebutuhan alutsista sepenuhnya dilakukan atas dasar kebutuhan.

Lebih lanjut, Ryamizard menekankan pengadaan alutsista sejatinya memang tidak perlu berorientasi proyek, namun lebih ke ketegasan pelaksanaan yang dipimpin oleh seorang menteri.

“Saya tidak berorientasi proyek, tapi lebih ke orangnya, ‘the man behind the guns’, tergantung orangnya. Jadi tidak ada [pengadaan hanya sesuai proyek],” katanya kepada CNN Indonesia secara terpisah.

Di sisi lain, ia enggan menanggapi bagaimana pola penggunaan anggaran alutsista di era kepemimpinan Prabowo. “Saya jangan dibanding-bandingkan dengan yang lain, ya masing-masing saja kebijakannya,” ujar dia.

Sebelumnya, kepala negara ingin pemenuhan kelengkapan alutsista tidak melulu ditutupi dari aktivitas impor. Ia berharap Indonesia bisa memenuhi kebutuhan alutsista dari industri dalam negeri sendiri.

Pasalnya, impor alutsista akan menambah beban neraca perdagangan yang tengah dirundung defisit. Untuk itu, perlu ada peta jalan pembangunan industri persenjataan dari hulu ke hilir di dalam negeri.

Bahkan ia ingin pengembangan industri persenjataan bisa digencarkan oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN) hingga swasta.

Editor: (D.E.S)

One thought on “Mantan Menhan Sebut Tak Pernah Impor Alutsista”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s