Militer China Akan Bangun Kapal Induk Ke-4

Kapal Induk Liaoning 1 (southfront) copy
Kapal Induk Liaoning 1 (southfront)

Angkatan Laut China sedang bergerak maju dengan rencana untuk membangun kapal induk keempat, namun rencana untuk membangun kapal induk kelima yang lebih canggih ditunda.

Hal itu diungkap orang-orang dalam militer, sebagaimana dilansir dari laman Sindonews (28/ 11/ 2019).

Mereka mengatakan bahwa tantangan teknis dan biaya tinggi telah mengerem program dan merger baru-baru ini dari dua pembuat kapal utama negara itu tidak mungkin memiliki dampak jangka pendek yang signifikan.

Negara yang dipimpin rezim Komunis ini kini hanya memiliki satu kapal induk yang aktif, yakni Liaoning—kapal era Soviet yang dibeli dari Ukraina. Sedangkan kapal induk pertama buatan dalam negeri, Type 001, sedang menjalani uji coba laut dan akan segera memasuki layanan militer.

Salah satu sumber militer mengatakan pengerjaan kapal induk kedua buatan dalam negeri, Type 002 yang lebih modern, dimulai dua tahun lalu dan konstruksinya dapat dimulai pada awal 2021. Kapal ketiga dan keempat yang hendak dibangun juga Type 002.

Menurut sumber militer, rencana untuk pembangunan kapal induk kelima yang lebih canggih terkendala masalah teknis yang saat ini sedang dicoba diatasi para insinyur.

“Tidak ada rencana untuk membangun lebih banyak kapal induk,” katanya, seperti dikutip South China Morning Post, Kamis (28/11/2019).

“Kapal induk China ketiga dan keempat yang dalam agenda adalah Type 002, kapal perang generasi berikutnya di negara ini akan dilengkapi dengan ketapel elektromagnetik (untuk meluncurkan jet tempur).”

Semua kapal induk ini akan diberdayakan secara konvensional, tetapi para petinggi Angkatan Laut telah mempertimbangkan rencana untuk membangun kapal bertenaga nuklir yang lebih maju secara teknologi.

Pada hari Selasa, sebuah upacara di Beijing diadakan untuk menandai pembentukan perusahaan pembuat kapal terbesar di dunia. Perusahaan ini hasil merger dari China State Shipbuilding Corporation (CSSC) dan China Shipbuilding Industry Company (CSIC).

Menurut laporan kantor berita pemerintah, Xinhua, perusahaan baru itu tetap mempertahankan nama CSIC. Konglomerat pemilik perusahaan tersebut memiliki total 147 lembaga penelitian, perusahaan bisnis dan perusahaan lain yang terdaftar dengan nilai aset gabungan senilai 790 miliar yuan (USD112 miliar). Ia juga mempekerjakan 310.000 orang.

Orang dalam militer mengatakan bahwa merger itu memang akan memperkuat daya saing CSIC, tapi tidak akan mempercepat proses pembangunan kapal induk.

“(Para insinyur) telah menemukan beberapa masalah teknis, dan salah satu kendala utama adalah dalam pengembangan generasi baru jet tempur berbasis kapal induk,” kata salah satu sumber. “Masalah-masalah ini tidak diharapkan bisa diselesaikan dalam waktu dekat.”

“China tidak memiliki teknologi nuklir yang diperlukan, meskipun telah mengembangkan banyak kapal selam bertenaga nuklir,” lanjut sumber itu, yang menambahkan bahwa mengembangkan reaktor untuk digunakan pada kapal perang induk lebih menantang daripada membuat satu untuk kapal selam.

Orang dalam militer itu juga mengatakan bahwa tes ketapel elektromagnetik yang digunakan untuk meluncurkan jet tempur J-15 belum memenuhi standar yang disyaratkan.

“Pembangunan kapal induk adalah proyek paling rumit dan mahal di dunia yang menggunakan banyak teknologi canggih,” katanya. “Ini adalah area baru bagi pembuat kapal dan insinyur China dan benar-benar membutuhkan waktu untuk mengejar ketinggalan dengan negara lain.”

Editor: (D.E.S)

One thought on “Militer China Akan Bangun Kapal Induk Ke-4”

  1. – Kementerian Pertahanan menanggapi serius pernyataan penyanyi Agnez Mo atau Agnes Monica yang menyatakan tak punya darah Indonesia. Agnes Mo menyatakan dirinya berdarah Jerman, Cina, dan Jepang.

    Staf Khusus Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto Bidang Komunikasi Publik dan Hubungan antar Lembaga, Dahnil Anzar Simanjuntak menyoroti pernyataan penyanyi Agnes Monica alias Agnez Mo yang mengaku tak berdarah Indonesia. Menurut Dahnil pernyataan Agnez menunjukkan bahwa perlu adanya bela negara di kalangan artis dan seniman Indonesia.

    “Ini contoh pentingnya kita perkuat bela negara dikalangan seniman dan artis,” kata Dahnil kepada wartawan, Senin (26/11/2019).

    Kendati begitu, Dahnil meyakini kalau Agnez sesungguhnya memiliki semangat nasionalisme dan bela negara. Hanya, pernyataannya yang mengaku tidak berdarah Indonesia itu menimbulkan polemik lantaran semua pihak memilki penafsiran yang berbeda.

    “Mungkin sebagaian dari kita saja menterjemahkannya berbeda-beda. Sehingga, memunculkan pro dan kontra,” ujarnya.

    Adapun, Dahnil mengungkapkan kalau Kementerian Pertahanan (Kemhan) sendiri telah memiliki wacana mengajak penggiat seni untuk membantu menyebarkan konten nasionalisme dan bela negara.

    “Kami akan mengajak mereka-mereka bicara dan diskusi secara khusus. Supaya, konten-konten tersebut bisa disebar dengan cepat kepada masyarakat yang memang menggemari mereka,” ucapnya.

    Seperti diketahui, penyanyi Agnes Monica alias Agnez Mo kembali bikin heboh. Tapi kali ini bukan soal prestasi bernyanyi, melainkan terkait pengakuannya yang menyebut bukan keturunan Indonesia.

    Hal itu disampaikan Agnes Monica dalam sebuah wawancara dengan presenter Kevan Kenney dalam sebuah video yang tayang di YouTube berjudul “Build Series NYC by Yahoo!.” Potongan video tersebut kini viral di media sosial Tanah Air.

    Dalam video, Kevan bertanya kepada Agnez Mo soal keberagaman Indonesia. Pelantun “Coke Bottle” itu pun menjabarkan bahwa Indonesia memiliki ribuan pulau di mana setiap pulau memiliki kultur yang berbeda

    Kevan kemudian kembali bertanya kepada Agnes Monica, “Katanya kamu beda dari orang kebanyakan di sana?”

    “Ya, karena… Saya sebenarnya campuran Jerman, Jepang, dan Chinese. Saya hanya lahir di Indonesia. Saya juga beragama Kristen, dan di Indonesia mayoritas adalah Muslim.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s