Jet Tempur EA-18G Australia Terbakar, AS Tolak Bayar Kompensasi

Pemerintah Amerika Serikat (AS) menolak membayar kompensasi terkait terbakarnya pesawat jet tempur EA-18G Growler Australia yang rusak terbakar pada Januari 2018 di Nevada. Penolakan itu membuat Canberra mengkaji ulang semua kontrak militer asing.

Dilansir dari laman Sindonews (30/ 11/ 2019), Departemen Pertahanan Australia awalnya menuntut kompensasi senilai AUSD125 juta atau lebih dari Rp1,1 triliun atas kerusakan parah jet tempur buatan Boeing tersebut.

Kekecewaan Canberra terungkap terungkap selama sidang Parlemen setempat di mana para pejabat juga mengungkapkan bahwa biaya program Kapal Selam Masa Depan Australia dapat mencapai sekitar AUSD225 miliar pada tahun 2080.

Pada Januari 2018, EA-18G Growler Royal Australian Air Force (RAAF) buatan Boeing AS tergelincir di landasan pacu dan terbakar setelah kerusakan mesin yang dramatis selama upaya tinggal landas di pangkalan militer AS di Nevada.

ABC pada tahun lalu mengungkapkan penyelidikan RAAF telah mengonfirmasi bahwa kompresor bertekanan tinggi pada mesin Growler telah pecah menjadi tiga bagian utama, dengan satu segmen menembus bagian bawah jet dan mengeluarkan bongkahan dari landasan pacu.

Pesawat yang rusak parah itu akhirnya menjadi tidak berguna dan dicoret dari layanan militer. Tokoh senior pertahanan Australia secara pribadi menggambarkannya sebagai “insiden paling serius dari jenisnya untuk RAAF dalam lebih dari 25 tahun”.

Kepala Divisi Sistem Aerospace Departemen Pertahanan Australia, Wakil Marsekal Udara Greg Hoffman, mengatakan kepada Senat bahwa pembayar pajak Australia sekarang harus membayar tagihan karena Washington menolak membayar kompensasi.

“Angkatan Laut AS telah secara resmi menulis kepada kami dan menyarankan itu sayangnya, dan sangat disayangkan bahwa kami tidak dapat memperoleh kompensasi untuk ini, tetapi posisinya adalah tidak ada kompensasi,” katanya, seperti dikutip dari ABC.net.au, Sabtu (30/11/2019).

Di bawah pertanyaan dari Senator Rex Patrick, Hoffman mengatakan bahwa Angkatan Laut AS juga tidak akan menerima kompensasi dari kontraktor jika mengalami kecelakaan serupa.

“Dalam industri pesawat terbang ada banyak asuransi mandiri yang berlangsung sehingga pemilik dan operator memegang tanggung jawab atas pesawat terbang,” katanya.

Wakil Menteri Pertahanan Tony Fraser mengatakan departemen sedang memeriksa apakah ada perlindungan garansi untuk pembelian besar peralatan militer lainnya.

“Ini merupakan pelajaran yang sulit dan karena kami telah mencari nasihat hukum tentang semua penjualan militer asing dan program kerja sama kami akan terus memperkuat itu,” ujarnya.

“Kami baru saja mengambil asisten penasihat hukum, pengacara, untuk membantu saya melihat kontrak dan perlindungan kami untuk Persemakmuran,” paparnya.

Menteri Pertahanan Linda Reynolds mengatakan kepada komite Senat bahwa kontrak Growler diselesaikan dan ditandatangani dengan Angkatan Laut Amerika Serikat sebelum pemerintah koalisi berkuasa.

“Proposal diajukan kepada pemerintah dan itu adalah keputusan pemerintah, dan dalam hal ini pemerintah Partai Buruh saat itu, untuk menerima ini,” katanya.

Photo: RAAF EA-18G Growler (Royal australian air force)

Editor: (D.E.S)

7 tanggapan untuk “Jet Tempur EA-18G Australia Terbakar, AS Tolak Bayar Kompensasi”

  1. Jelang peringatan 1 Desember, bendera bintang kejora berkibar di Gedung Balai Kota Leichhardt, Sydney, Australia, pada Jumat (29/11/2019) pukul 10.00 waktu setempat.

    Pengibaran bendera itu juga dimaksudkan untuk menunjukkan kepedulian terkait kasus pelanggaran HAM di Papua dan Papua Barat.

    Dalam rilis yang diterima Suara. com, Sabtu (30/11/2019), Asosiasi Papua Barat Australia (AWPA) menyampaikan terima kasih kepada pemerintah Kota Sydney yang telah memberikan izin untuk mengibarkan bendera bintang kejora.

    “Ini adalah tahuh ke-10, bendera bintang kejora dikibarkan di salah satu balai kota untuk untuk menunjukkan kepedulian mengenai kasus pelanggaran HAM yang terjadi di Papua Barat,” ucap Joe Collins dari AWPA.

    Bukti dukungan Australia

    Suka

    1. Biarkan aja dia kibarkan di Sydney. Gak ada urusan dng kita. Yg penting gak ngibarkan di Papua. Yg malah kelihatan bego bin bahlul ya Sydney….hahaha

      Suka

  2. – Mabes TNI mengerahkan empat Batalion Kontrad ke Papua untuk mengikuti latihan kesiapsiagaan operasi. Keempat Batalion tersebut akan menggelar latihan di tiga kota di Papua yaitu Jayapura, Wamena dan Timika.

    Masing-masing Yonif Para Raider 305 Tengkorak di Wamena. Kemudian Yonif Para Raider 330 Tri Dharma, dan Yonif Para Raider 433 Julu Siri di Timika. Sementara lokasi latihan Yonif Raider 323 Buaya Putih di Jayapura.

    Kapendam XVII Cenderawasih Kol CPL Eko Daryanto kepada Antara, Kamis, mengatakan Panglima TNI dan Kapolri dijadwalkan melihat langsung latihan yang digelar di Timika, Jumat (29/11).

    Latihan emang harusnya di Papua, biar rame

    Suka

  3. Aparat TNI Angkatan Darat terlibat baku tembak dengan Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata (KKSB) di Nduga, Papua, Jumat (29/11/2019) siang. Dua orang diduga anggota KKSB dilaporkan tewas. Senjata api digunakan dua pelaku yang tertembak disita aparat.

    Kepala Penerangan Kodam Cenderawasih Letkol Cpl Eko Daryanto membenarkan adanya baku tembak tersebut. Informasi dihimpun menyebutkan baku tembak terjadi antara prajurit dari Yonif 514/Sabbada Yudha yang di bawah kendali operasi (BKO) Kodam Cenderawasih dengan KKSB –sebutan TNI untuk Organisasi Papua Merdeka (OPM)—pimpinan Egianus Kogoya.

    Menyambut 1 Desember

    Suka

  4. Aksi Penembakan Oleh Separatis Bersenjata di Papua Kembali Terjadi, 5 Pejabat Negara Sedang di Papua

    Teror penembakan yang dilakukan orang tidak dikenal terjadi di area pertambangan PT Freeport Indonesia di Area Mile 60 RPU 47, Distrik Tembagapura, Papua, Sabtu (30/11/2019).

    Awalnya sekitar pukul 15.30 WIT, mobil patroli zona delta bergerak dari mile 64 menuju mile 58 dengan membawa tiga orang.

    Masing-masing yakni, Mathew Philips (warga negara asing), Ramdhani (driver 01-4762) dan Latief (01-3261R).

    Mereka akan menunggu dan menjemput bis dari Terminal Gorong-gorong Kota Timika.

    Selanjutnya, pada pukul 15.50 WIT, terjadi penembakan di area Mile 60 yang dilakukan oleh orang tak dikenal terhadap kendaraan LWB delta zona dengan nomor lambung 01-4762.

    Suka

  5. Temuan bahwa Dana Desa di Selewengkan untuk kepentingan Para Separatis KKB oleh Oleh Oknum Kepala Desa Di Sampaikan langsung Oleh Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw

    “Indikasi itu kami temukan di lapangan. Ke depan para kepala desa atau kampung agar jangan (tidak) lagi membantu (KKB) dengan menggunakan dana desa,” terang Waterpauw di Jayapura, Selasa (26/11/2019).

    Pinter juga cari dana

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s