Rudal Supersonik BrahMos Diuji Coba dari Destroyer Siluman INS Kochi

Rudal supersonik diuji coba dari destroyer siluman INS Kochi
Rudal supersonik BrahMos diuji coba dari destroyer siluman INS Kochi (Daily Pioneer)

Rudal jelajah supersonik BrahMos berhasil ditembakkan dari kapal perang Angkatan Laut India pada hari Kamis. Rudal supersonik, dengan jarak tembak lebih dari 290 km, diuji coba dari destroyer siluman INS Kochi, mengenai kapal target yang dinonaktifkan di Laut Arab.

Dilansir dari laman Daily Pioneer (29/ 11/ 2019), Destroyer berpeluru kendali kedua dari Proyek 15-A “kelas Kolkata” menguji coba rudal canggih selama latihan angkatan laut di pantai barat.

Setelah melakukan manuver yang sangat kompleks, rudal jelajah tercepat di dunia itu berhasil mengenai target kapal yang dinonaktifkan dengan presisi tinggi, kata pejabat pertahanan.

“Setelah dua uji coba yang berhasil dari INS Kolkata pada Juni 2014 dan Februari 2015 dan satu uji coba yang berhasil dari INS Kochi pada November 2015, uji coba penembakan hari ini, dari INS Kochi, telah memvalidasi ulang kemampuan serangan kapal yang tepat. Brahmos sebagai senjata serangan utama akan memastikan kapal perang tidak terkalahkan, dengan melibatkan target permukaan laut jarak jauh, sehingga menjadikan destroyer Angkatan Laut India sebagai platform yang mematikan,” kata sumber DRDO.

Angkatan Laut menugaskan INS Kochi pada 30 September 2015. Kapal perang yang dirancang dan dibangun secara mandiri berkapasitas 7,500 ton ini menggabungkan konsep desain baru untuk meningkatkan kemampuan bertahan hidup, stealth, menjaga laut, dan kemampuan manuver yang mumpuni.

Kapal perang ini memiliki kemampuan yang ditingkatkan untuk membawa total 16 rudal BrahMos dalam dua sistem peluncuran vertikal 8-sel, selain senjata dan sensor canggih lainnya.

Rudal BrahMos yang memiliki kecepatan supersonik Mach 2,8, ketinggian jelajah sangat rendah 10 meter pada fase terminal dan akurasi pin-point, telah menjadikan kapal perang itu salah satu yang paling mematikan di armada Angkatan Laut India, kata para pejabat itu.

Rudal BrahMos telah dikembangkan bersama oleh India dan Rusia. Telah beroperasi dengan Angkatan Laut India sejak 2005.

Editor: (D.E.S)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s