PT Len Ditunjuk sebagai Ketua Tim Percepatan Industri Pertahanan

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menunjuk PT Len Industri (Persero) sebagai ketua tim percepatan industri pertahanan. Hal ini sesuai instruksi Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menyetop impor alutsista.

Dilansir dari laman Katadata (3/ 12/ 2019), direktur utama Len Zakky Gamal Yasin mengatakan bahwa pihaknya telah menerima surat keputusan (SK) terkait penunjukkan itu. Oleh karena itu, Len mengebut penyelesaian Rencana Jangka Panjang Perusahaan (RJPP) yang nantinya akan disesuaikan dengan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Menengah (RPJMN) 2020-2024.

Dengan percepatan industri pertahanan diharapkan dapat meningkatkan industri lokal alutsista.

“Industri pertahanan adalah salah satu yang di push. Kami baru menerima SK dari Pak Menteri, kami dikejar waktu untuk menyelesaikan RJPP,” kata Zakky, di Kantor Kementerian BUMN, Selasa (3/12).

Untuk mendukung industri lokal di sektor pertahanan, Zakky juga mengungkapkan bahwa pemerintah akan membentuk induk BUMN pertahanan. Selain Len, yang akan masuk dalam induk tersebut yakni PT Pindad.

Menurutnya, pembentukan induk ini akan mempermudah BUMN di sektor pertahanan mencari pendanaan dalam mengembangkan alutsista.

“Kalau kami bersatu akan lebih mudah melakukan penetrasi pasar. Sehingga memudahkan kami dalam mencari pendanaan,” ujarnya.

Photo: Tank AMX-13 (Antara)

Editor: (D.E.S)

4 tanggapan untuk “PT Len Ditunjuk sebagai Ketua Tim Percepatan Industri Pertahanan”

  1. Menyetop impor alutsista.?….hmmmmm, sptnya masih terlalu prematur. Diluar sana banyak alutsista terbaru yg teknologinya blom dikuasai oleh Indonesia. Contohnya rudal, radar (kita msh berkutik di 2D), teknok metalurgi (dr dulu msh blom bisa).

    Gmn mau nyetop impor alutsista jika laras senjata SS buatan Pindad saja msh impor dr Belgia, meriam Tank Harimau dan Cobra msh impor, bahkan peluncur rudal kapal aja msh impor. Trus klo disetop mau pake apa.? Sekalian aja stop beli F-16V, SU-35 krn kita sdh bisa bikin IFX……(bikin body doank maksudnya) mesinnya pake tenaga angin aja….hahaha

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s