Uji Coba Rudal Balistik Agni-III Alami Gagal

Agni-3 (defencenews)
Agni-3 (defencenews)

Uji coba rudal balistik Agni-III oleh Militer India berakhir dengan kegagalan. Misil yang mampu membawa hulu ledak nuklir itu jatuh ke laut tak lama setelah peluncuran.

Dilansir dari laman Sindonews (3/ 12/ 2019), Misil Agni-III diluncurkan dari Pulau Abdul Kalam di lepas pantai Odisha pada hari Minggu malam. Senjata itu jatuh ke laut setelah pemisahan tahap pertama.

Rudal itu sempat melesat 115 km ke lintasan penerbangan awal ketika segalanya serba salah. Senjata itu tiba-tiba menyimpang dari jalur penerbangan yang memaksa tim misi menghentikannya di tengah jalan.

“Memantau dari peluncuran hingga pemisahan tahap pertama, semuanya berjalan lancar sesuai dengan rencana misi. Tapi, tiba-tiba itu mulai berperilaku tidak normal,” kata sumber pertahanan India, seperti dikutip The Diplomat, Selasa (3/12/2019).

“Itu mungkin disebabkan oleh cacat metalurgi,” lanjut sumber tersebut. Misil yang beratnya mencapai 1,5 ton tersebut telah masuk gudang senjata India pada tahun 2011.

Investigasi awal menduga misil yang gagal diuji coba itu mengalami cacat produksi.

Militer India mengklaim rudal balistik Agni-III dapat terbang lebih dari 2.000 km.

Uji coba rudal yang gagal bukan sekali ini dialami militer India. Dua varian rudal lainnya, Agni-I dan Agni-II, juga pernah gagal saat uji coba pengembangan dan penggunaan di masa lalu. Agni-II pernah gagal selama uji coba pada tahun 2009.

Editor: (D.E.S)

2 tanggapan untuk “Uji Coba Rudal Balistik Agni-III Alami Gagal”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s