Indonesian Aerospace (IAe) Siap Tawarkan CN235 MPA Untuk Angkatan Laut Thailand

Menurut kebijakan Kepala Staf Angkatan Laut Thailand, Proyek Pesawat Patroli Maritim (Maritime Patrol Aircraft/ MPA) untuk menggantikan dua pesawat F-27 Mk 200 yang telah lama digunakan dan yang tersisa, rencananya akan dimulai kembali pada tahun fiskal 2021 setelah sebelumnya dibatalkan.

Dilansir dari laman FB TAF (1/ 12/ 2019), Model CN235 MPA yang dipamerkan IAe di acara Defense and Security 2019 telah dimodifikasi dari transporter CN235-220 dengan radar bawah air pada lantainya. Sistem pelacakan target di bawah kepala, sistem ESM di atas kokpit, alerts and drop target system untuk melindungi diri Anda dari serangan roket dan dilengkapi dengan dua set jendela pengamatan.

CN235 MPA for Royal Thai Navy (TAF) 1

Untuk sistem senjata, ada 2 titik senjata di bawah setiap sayap dan 2 senjata di setiap sisi tubuh.

Pesawat juga dilengkapi dengan 4 torpedo ringan, 2 ranjau, dua set 7 peluncur roket (dengan pilihan roket 2,75 inci, dapat dipandu dengan memilih optonik dengan target laser).

Selain itu, sisi kiri bodi masih dilengkapi dengan senapan mesin dari pintu samping kaliber 30 mm, dengan menghilangkan sistem MAD di bagian ekor (ada soket tapi tidak terpasang).

CN235 MPA for Royal Thai Navy (TAF) 2

Dari senjata yang dipasang, jika angkatan laut memilih untuk melakukan semua ini, selain menggunakan CN235-220 MPA dalam misi perang anti kapal selam dan kapal permukaan, pesawat dapat digunakan dalam misi untuk mendukung pasukan darat (sebagai senjata).

CN235-220 MPA memiliki waktu operasi Hi-Lo-Hi 11 jam dan 20 menit, 100 mil dari dasar laut, terbang berpatroli dengan ketinggian 2.000 kaki selama 10 jam dan 10 menit, terbang bolak-balik pada ketinggian 10.000 kaki, dan memiliki cadangan untuk terbang 45 menit lagi.

Juga dapat memilih untuk menginstal rudal anti-permukaan seperti Harpoon atau Exocet.

All photos: CN235 MPA for Royal Thai Navy (TAF)

Editor: (D.E.S)

3 tanggapan untuk “Indonesian Aerospace (IAe) Siap Tawarkan CN235 MPA Untuk Angkatan Laut Thailand”

  1. muantep ternyata pesawat ini … aku kira tadinya hanya untuk patroli maritim aja. ternyata bisa untuk peperangan bawah dan permukaaan laut juga…untuk CAS juga?

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s