Swiss Ingin Jual 22 Unit Jet Tempur F-5 kepada AS

F-5 Swiss
F-5 Swiss (Toucdown Aviation)

Swiss berencana menjual balik 22 unit jet tempur F-5 yang sudah tua dan nonaktif kepada Amerika Serikat (AS). Militer kedua negara sedang dalam pembicaraan terkait penjualan pesawat tempur uzur tersebut.

Dilansir dari laman Sindonews (16/ 12/ 2019), Swiss saat ini sedang berjuang untuk memodernisasi peralatan tempurnya. Menurut surat kabar SonntagsZeitung, sekitar USD40 juta telah dianggarkan dalam “anggaran Presiden” 2020 untuk pengadaan pesawat tempur baru bagi militer Swiss.

Kantor Federal untuk Pengadaan Pertahanan (Armasuisse) Swiss membenarkan bahwa pembicaraan militer kedua negara untuk penjualan balik puluhan unit F-5 Tiger berlangsung pada musim panas Juli lalu, tetapi kontrak belum ditandatangani.

Anggaran pertahanan AS pertama-tama harus disetujui oleh parlemen Washington sebelum kesepakatan dengan militer Swiss dapat berjalan. Pengiriman balik jet-jet tempur tua itu diharapkan berlangsung pada 2021.

Puluhan jet tempur F-5 Tiger Swiss berusia sekitar 35 tahun dengan biaya perawatan sekitar 0,5 juta franc Swiss per tahun dan kondisi pesawat tetap menganggur. AS berkepentingan membeli balik pesawat-pesawat tua itu untuk mensimulasikan pesawat musuh dalam pelatihan pertempuran udara.

Swiss telah membeli total 100 unit jet tempur Tiger dari AS dan sisanya tinggal 53 unit. Dari jumlah tersebut hanya 26 yang operasional. Negara Eropa itu juga memiliki beberapa unit jet tempur F/A-18 yang juga sudah uzur dan harus diganti paling lambat tahun 2030 untuk melindungi wilayah udara dan keamanannya.

Presiden AS Donald Trump sedang mengupayakan dana USD718 miliar bagi Pentagon untuk tahun 2020, termasuk USD39,7 juta untuk membeli balik jet tempur F-5 Swiss.

Swiss telah berusaha membeli pesawat tempur baru selama bertahun-tahun. Namun, publik setempat pada tahun 2014 menolak pengadaan jet tempur Saab Gripen dengan biaya 3,1 miliar franc Swiss.

Mengutip laporan surat kabar SonntagsZeitung dan media Swiss lainnya, pada Senin (16/12/2019), Negara Eropa ini sekarang berencana untuk menghabiskan sekitar 6 miliar franc Swiss untuk membeli jet tempur baru.

“Jika Amerika ingin mengambil alih besi tua, mereka harus melakukannya,” kata Beat Flach, seorang anggota parlemen Partai Green Liberal, kepada SonntagsZeitung. “Lebih baik daripada membiarkan Tiger-Tiger membusuk di tempat parkir.”

Editor: (D.E.S)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s