F-16 Angkatan Udara AS Akan Dipasangi Siatem Radar AESA

F-16 Radar Installation. July 23, 2015. Photographer: Bobbi Zapka
APG-83 Scalable Agile Beam Radar (SABR) AESA (Northrop Grumman)

Pentagon telah memberikan kontrak senilai USD1 miliar atau lebih dari Rp13,9 triliun kepada Northrop Grumman Systems. Kontrak itu diberikan untuk memasang sistem radar AESA pada 372 unit jet tempur F-16 Fighting Falcon milik Angkatan Udara Amerika Serikat (AS).

Sistem radar Active Electronically Scanned Array (AESA) yang juga dikenal sebagai AN/APG-83 Scalable Agile Beam Radar (SABR) selama ini digunakan pada jet tempur generasi kelima AS, yakni F-22 Raptor dan F-35 Lightning II.

Dilansir dari laman Sindonews (21/ 12/ 2019), pemberian kontrak itu diumumkan dalam layanan pers Pentagon tertanggal 19 Desember 2019.

Northrop Grumman Systems awalnya dipilih oleh Angkatan Udara AS untuk melakukan upgrade radar F-16 Fighting Falcon pada tahun 2017, di mana Pentagon mengeluarkan USD243,8 juta untuk 72 radar, suku cadang dan layanan dukungan.

Di bawah kontrak baru, 372 radar diperkirakan akan dipasang pada Mei 2027.

F-16 Fighting Falcon pertama kali diperkenalkan pada 1978, dan sejak itu telah melayani di hampir semua perang AS di luar negeri.

F-16 dijadwalkan akan digantikan oleh pesawat tempur F-35 produksi Lockheed Martin mulai pada awal 2010-an. Namun, ada sejumlah masalah dengan pengenalan pesawat generasi kelima itu yang membuat operasi F-16 Fighting Falcon dipertahankan lebih lama dari yang direncanakan. Awalnya, F-16 hanya akan beroperasi hingga 2025, namun diperpanjang hingga 2048. AS saat ini memiliki inventaris sekitar 790 unit F-16 Fighting Falcon.

Selain AS, pesawat tempur ini melayani pasukan udara lebih dari dua lusin negara, dengan total lebih dari 4.600 unit F-16 diproduksi dalam empat dekade terakhir. Sekitar setengah dari jumlah itu tetap beroperasi hingga hari ini.

Editor: (D.E.S)

3 tanggapan untuk “F-16 Angkatan Udara AS Akan Dipasangi Siatem Radar AESA”

  1. Sama dng radar viper F-16 viper yg akan diakuisisi TNI AU.
    Seandainya semua F-16 TNI AU dipasangi radar AESA SABR. Maka kemampuan F-16 TNI akan semakin bertambah.

    Suka

      1. Itu sdh jelas, gak mungkin bisa melampau jangkauan radar PESA SU-35. Soalnya F-16 kan cuma pesawat mainan aja. Harganyapun sama dng harga lobster yg 5 jt per ekor. Tp klo yg belinya wong gendeng….xixixixi

        Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s