Dua WNI yang Bebas dari Abu Sayyaf Siap Diterbangkan ke Indonesia

Peta lokasi beroperasinya kelompok teror Abu Sayyaf
Peta lokasi beroperasinya kelompok teror Abu Sayyaf (DW)

Menkopolhukam Mahfud MD menyebut dua WNI yang berhasil dibebaskan dari sandera kelompok separatis Abu Sayyaf siap dipulangkan ke Indonesia. Saat ini keduanya menjalani pemeriksaan kesehatan.

Namun, Mahfud enggan menjelaskan kapan dua WNI tersebut tiba di Indonesia.

“Dua (WNI) sudah siap diterbangkan ke Jakarta. (Saat ini) lagi cek kesehatan,” kata Mahfud, di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, sebagaimana dilansir dari laman I News (23/ 12/ 2019).

Sebelumnya, upaya pembebasan WNI yang menjadi sandera kelompok separatis Abu Sayyaf membuahkan hasil. Melalui kerja sama erat Pemerintah Indonesia dan Filipina, dua WNI berhasil dibebaskan setelah 90 hari penyanderaan, Minggu (20/ 12/ 2019).

Kendati demikian, hingga saat ini seorang WNI lagi masih ditawan. Pemerintahan kedua negara berupaya untuk terus membebaskannya. Informasi pembebasan ini telah disampaikan secara resmi Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Indonesia.

“Sebelumnya, berbagai langkah diplomasi telah dilakukan melalui pembicaraan tingkat tinggi Presiden Joko Widodo dengan Presiden Duterte serta Menlu RI dengan Menhan Filipina. Pembicaraan tersebut ditindaklanjuti dengan koordinasi internal Pemerintah RI yang dilakukan Kemenko Polhukam RI,” bunyi siaran pers Kemlu, Minggu (22/ 12/ 2019) .

Editor: (D.E.S)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s