Pentagon Usulkan Pemotongan Anngaran Pembangunan Destroyer dan Pensiunkan 13 Cruiser

Departemen Pertahanan Amerika Serikat telah mengirim sebuah rencana ke Gedung Putih, yang akan memangkas pembangunan destroyer Flight III Arleigh Burke lebih dari 40 persen untuk tahun fiskal 2021 hingga 2025.

Total, proposal akan memotong lima dari 12 DDG yang direncanakan melalui apa yang disebut future years defense program atau FYDP.

Rencana itu akan memotong sekitar USD 9,4 miliar atau 8 persen dari total anggaran pembuatan kapal, menurut memo Kantor Manajemen dan Anggaran Gedung Putih ke Departemen Pertahanan yang diperoleh oleh Defense News.

Memo itu juga menguraikan rencana untuk mempercepat penonaktifan cruiser, mengurangi jumlah total cruiser kelas Ticonderoga menjadi sembilan unit pada tahun 2025, dari rencana 13 unit dalam anggaran tahun lalu.

Sebenarnya, rencana Pentagon untuk mengecilkan ukuran armada dari 293 kapal saat ini menjadi 287 kapal, sangat berbeda dengan tujuan Angkatan Laut yaitu 355 kapal, menurut memo itu. Tujuan untuk memiliki 355 kapal juga dibuat kebijakan nasional dalam Undang-Undang Otorisasi Pertahanan Nasional 2018.

Memo itu datang menyusul gelombang retorika dari Angkatan Laut dan tingkat tertinggi Administrasi Trump bahwa tujuannya tetap 350-plus kapal, dan memo itu mengarahkan Pentagon untuk menyerahkan rencana “informasi sumber daya” untuk mencapai 355 kapal, meskipun tidak jelas bagaimana arah itu dapat mempengaruhi kalkulus Angkatan Laut berkaitan dengan konstruksi destroyer.

Dokumen itu memberi Angkatan Laut suatu ruang gerak untuk mencoba dan mendefinisikan kembali apa yang dianggap sebagai sebuah kapal.

“OMB (Office of Management and Budget) mengarahkan DOD untuk menyerahkan rencana informasi sumber daya untuk mencapai armada gabungan 355 kapal, termasuk kapal berawak dan tak berawak, pada tahun 2030,” tulis memo itu.

“Selain rencana terprogram melalui FYDP dan perkiraan jumlah kapal yang diproyeksikan sampai tahun 2030, DOD akan mengajukan proposal legislatif untuk mendefinisikan kembali kapal perang untuk memasukkan kapal tanpa awak, lengkap dengan kapabilitas kemampuan dan ambang batas kinerja yang ditetapkan untuk dimasukkannya kapal dalam keseluruhan pasukan tempur.”

Destroyer dibangun oleh General Dynamics Bath Iron Works di Maine dan oleh Huntington Ingalls di Pascagoula, Mississippi. Setiap destroyer menghabiskan biaya rata-rata USD 1,82 miliar berdasarkan pengajuan anggaran Angkatan Laut 2020, menurut Layanan Penelitian Kongres.

Seorang pejabat Administrasi Trump mengatakan rencana yang diusulkan Angkatan Laut untuk mengecilkan armada telah didorong dari Kantor Sekretaris Pertahanan (Office of the Secretary of Defense/ OSD) walaupun OMB sangat mendukung tujuan presiden untuk memiliki 355 kapal.

“OMB sangat mendukung 355 [kapal] dan bekerja sama dengan Angkatan Laut di atasnya,” kata pejabat itu. “OSD tampaknya yang paling menentangnya.”

Seorang juru bicara Angkatan Laut menolak untuk mengomentari isi memo itu, mengatakan bahwa itu terkait dengan anggaran yang masih dalam pengembangan dan “pra-keputusan.” Militer memiliki kebijakan menolak mengomentari masalah anggaran sebelum diserahkan kepada Kongres.

Photo : USS Monterey (CG 61) is one of the cruisers the Navy plans to decommission early under a new plan sent to the White House. (Flickr)

Editor: (D.E.S)

3 tanggapan untuk “Pentagon Usulkan Pemotongan Anngaran Pembangunan Destroyer dan Pensiunkan 13 Cruiser”

    1. lupakan, semua system harus dimodernisasi di ticonderoga, sebagian lambung kapal harus diganti baru, mengapa tinconderoga lambat dimodernisasi, kemungkinan besar amerika kekurangan dana? kapal dengan lambung diatas 25 tahun perawatannya setara kapal baru. kalau pun dapat hibah, harus diupgradenya yang setara dengan kapal perang amerika, jangan setengah-setengah. battle sytemnya bisa nggak nyambung kalau upgrade ala kadarnya. semakin tua, semakin banyak juga perbaikannya. satu kapal biaya upgradenya setara $ 9.03 Billion atau Rp. 126 Triliun

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s