Turki Luncurkan Kapal Selam dengan Teknologi AIP Pertama

Kapal selam Type 214 pertama buatan Turki diluncurkan di barat laut Provinsi Kocaeli pada hari Minggu. Kapal selam tersebut diberi nama TCG Piri Reis.

TCG Piri Reis merupakan kapal selam pertama dari Turkey’s New Type Submarine Project. Kapal tersebut direncanakan mulai beroperasi pada tahun 2020 diikuti oleh 5 unit kapal lain yang dikirim ke Angkatan Laut Turki.

“Pada 2020, kapal selam akan mulai beroperasi setiap tahun. Pada tahun 2027, keenam kapal selam kami akan siap melayani,” kata Presiden Recep Tayyip Erdogan pada upacara tersebut.

“Tujuan kami adalah untuk segera mengaktualisasikan proyek kapal selam nasional kami, ” tambahnya.

Dilansir dari laman Defense World (23/ 12/ 2019), Type 214 merupakan kapal selam dengan teknologi Air-Independent Propulsion (AIP) pertama milik Angkatan Laut Turki. Platform tersebut mampu menggunakan torpedo kelas berat, rudal anti-kapal dan meletakkan ranjau terhadap target, baik di laut maupun di darat.

Terlepas dari Piri Reis, lima kapal lagi dari proyek ini diperkirakan akan mengarungi lautan pada tahun 2027. Ketika Piri Reis dikerahkan ke laut, peralatan kapal selam kedua proyek Hızırreis telah dilengkapi dan fase produksi lambung dua kapal sedang berlangsung.

Pada 2015, Galangan Kapal Laut Golcuk memulai program 10 tahun untuk membangun 6 unit Type 214, yang secara lokal dikenal sebagai, kapal selam kelas Reis dengan teknologi dari Thyssenkrupp Marine Systems of Germany.

Turkish submarine industrial partners break-up
Turkish submarine industrial partners break-up (Defense World)

Kapal selam Type 214 memiliki fitur lambung tunggal, desain satu kompartemen dan digerakkan oleh Air-Independent Propulsion berdasarkan sel bahan bakar HDW yang telah terbukti.

Kedalaman selam yang meningkat dan senjata modular dibarengi dengan kemampuan sensor-sensor yang mumpuni membuat kapal selam mampu melakukan misi seperti operasi perairan pesisir ke patroli laut termasuk operasi kapal anti permukaan dan anti kapal selam, tugas ISR, serta operasi pasukan khusus.

Turki telah memulai pembicaraan dengan Indonesia untuk mengekspor kapal selam dimana Indonesia sedang mengevaluasi tawaran serupa dari Daewoo Korea Selatan yang menawarkan versi sebelumnya dari Type 214, Type 212A ke Angkatan Laut Indonesia.

Photo: Type 214 submarine launch from Turkey (Defense World)

Editor: (D.E.S)

2 tanggapan untuk “Turki Luncurkan Kapal Selam dengan Teknologi AIP Pertama”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s