Pasukan Gabungan AS Simulasi Melawan Serangan Rudal

Pasukan gabungan Amerika Serikat (AS), belum lama ini, menggunakan teknologi komando dan kontrol baru. Teknologi komando dan kontrol baru tersebut ditujukan untuk mengidentifikasi dan mengalahkan serangan rudal jelajah.

Dilansir dari laman Akurat (30/ 12/ 2019), Simulasi dilakukan di Amerika Serikat selama latihan tiga hari bulan. Unit Angkatan Udara, Angkatan Darat, dan Angkatan Laut AS terlibat dengan menggunakan Advanced Battle Management System (ABMS) untuk mengumpulkan, menganalisis, dan berbagi sejumlah besar data secara real-time di daratan dan laut yang terkoordinasi.

Salah satu tren terbesar dalam pertahanan militer saat ini adalah pengakuan bahwa data sama pentingnya dengan peluru. Karena itu, penguasaan terhadap platform pengumpulan informasi menjadi sangat penting.

Contohnya adalah latihan gabungan ABMS yang dilakukan oleh tim layanan AS dari 16 hingga 18 Desember lalu. Latihan tersebut sebagai bagian dari upaya AS untuk mengembangkan konsep Joint All-Domain Command and Control (JADC2) selama lima tahun ke depan.

Amerika Serikat menggunakan semua kekuatannya, termasuk pesawat Angkatan Udara, destroyer Angkatan Laut, sensor pertahanan udara dan platform penembakan Angkatan Darat, unit operasi khusus serta QF-16 Full-Scale Aerial Target di atas rudal jelajah. Latihan tersebut berfokus pada distribusi data dalam jumlah sangat besar secara real-time untuk operasi militer di laut, darat, ruang angkasa dan ruang maya.

Menurut Angkatan Udara, rudal simulasi terdeteksi dan data untuk melawannya diteruskan ke USS Thomas Hudner di Teluk Meksiko. Dari situ, barulah dibentuk strategi melemahkan rudal secara cepat dan tepat.

Latihan serupa diharapkan dilakukan setiap empat bulan. Hasil yang diharapkan mencakup cara untuk meningkatkan kecepatan dan daya tanggap dengan memasukkan kecerdasan buatan, pembelajaran mesin, dan kemajuan lainnya.

Photo: Anggota Skuadron Operasi Khusus ke-6, melakukan latihan yang menunjukkan kemampuan Sistem Manajemen Pertempuran Tingkat Lanjut di Duke Field, Florida. (Joshua J. Garcia)

Editor: (D.E.S)

2 tanggapan untuk “Pasukan Gabungan AS Simulasi Melawan Serangan Rudal”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s