2021, Satrad 221 Bakal Miliki Radar Baru

Satuan Radar (Satrad) Angkatan Udara (AU) 221 Ngliyep di bawah Komando Sektor Pertahanan Udara Nasional (Pangkosekhanudnas) bakal memiliki radar baru untuk menunjang sistem pertahanan udara di sepanjang pesisir Selatan Jawa Timur.

Dilansir dari laman Malang Voice (8/ 1/ 2020), Komandan Satrad AU 221 Ngliyep, Mayor Lek Agus Kasmianto mengatakan, kesatuannya bakal memiliki radar baru yang memiliki keunggulan radius deteksi mencapai 200 Nautical Mile (NM) atau jangkauannya hingga 360 kilometer. Radar ini didatangkan dari Negeri Pizza, Italia, yang bernama Leonardo.

“Radar ini radius deteksinya bakal menjangkau sampai batas ZEE atau 200 Nautical Mile (NM) atau dengan jangkauan 360 kilometer. Jadi, jika ada pesawat asing yang terbang tanpa izin dan memasuki wilayah teritorial Indonesia bagian Selatan, maka akan gampang terdeteksi,” ungkapnya, saat ditemui usai rapat koordinasi apel tanggap bencana Kabupaten Malang di Ruang Anusapati, Pendopo Kabupaten Malang, Rabu (8/1).

Menurut Agus, saat ini Satrad 221 Ngliyep, masih mengandalkan radar Plessey AWS II dari Inggris, yang telah dioperasikan sejak 1960-an.

“Radar yang ada saat ini usianya sudah cukup tua. Selain itu, radius deteksinya pun hanya mencapai 180 NM dan dinilai kurang memenuhi standar,” jelasnya.

Pengadaan radar tersebut, lanjut Agus, dilakukan untuk mempermudah Angkatan Udara supaya bersiap mengusir pesawat asing jika ada pesawat asing yang akan atau masuk di area udara Indonesia.

“Anggaran untuk mendatangkan Leonardo ini sendiri berasal dari Kementerian Pertahanan (Kemenhan), sebesar Rp 375 miliar. Kami sudah teken kontrak dengan perusahaan Italia September 2019 lalu,” ulasnya.

Untuk pengoperasiannya, tambah Agus, diperkirakan paling lambat pada tahun 2021 mendatang, karena untuk instalasi dan perakitan mesin membutuhkan waktu yang tidak sedikit.

“Bagus untuk mendeteksi dini, dan menjaga kedaulatan teritorial Indonesia. Kalau ada ancaman sudah terdeteksi jauh. Dan kita bisa merencanakan apa yang harus kita perbuat. Kalau jangkaunya dekat, kita bisa terlambat untuk mengatasi,” pungkasnya.

Photo: RAT 31DL/ M (Leonardo)

Editor: (D.E.S)

3 tanggapan untuk “2021, Satrad 221 Bakal Miliki Radar Baru”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s