AS Berikan Lampu Hijau Penjualan F-35 ke Singapura

Pemerintah Amerika Serikat (AS) memberikan lampu hijau untuk menjual belasan jet tempur siluman F-35 ke Singapura. Nilai penjualan itu mencapai 2,75 miliar dolar AS atau sekitar Rp37,3 triliun.

Dilansir dari laman I News (10/ 1/ 2020), Singapura pertama kali mengumumkan rencana pembelian F-35 dari pembuatnya, Lockheed Martin Corp, pada Maret 2019. Pesawat yang diklaim tercanggih ini akan menggantikan F-16 yang sudah beroperasi di Singapura sejak 1998.

Varian jet tempur yang dipesan merupakan F-35B yang dapat lepas landas dari landasan pacu yang pendek dan mendarat secara vertikal.

Meski demikian masih ada satu tahapan lagi sehingga AS bisa melepas F-35 ke Singapura, yakni harus disetujui Kongres. Namun tampaknya Kongres juga akan memberikan lampu hijau.

“Singapura merupakan teman strategis dan mitra kerja sama keamanan utama serta kekuatan penting bagi stabilitas politik dan kemajuan ekonomi di Asia-Pasifik,” kata Departemen Pertahanan AS, dikutip dari The Straits Times, Jumat (10/1/2020).

Disebutkan pula, usulan penjualan F-35 akan menambah inventaris pesawat operasional Singapura dan meningkatkan kemampuan pertahanan udara ke udara dan udara ke darat.

F-35, lanjut Pentagon, akan memperkuat sistem pencegahan Singapura untuk mempertahankan perbatasan serta berkontribusi dalam operasi dengan pasukan sekutu.

Singapura lebih dulu akan membeli empat unit F-35B dengan opsi membeli delapan pesawat yang sama lagi. Sebagai pendukung, Singapura juga membeli 13 mesin, sistem pertempuran elektronik, serta perlengkapan logistik.

Jika penjualan disetujui, Singapura akan menjadi negara keempat di Asia-Pasifik yang memiliki jet F-35, setelah Australia, Jepang, dan Korea Selatan.

Harga jet tempur F-35B adalah 115,5 juta dolar AS per unit, lebih mahal dibandingkan dengan varian A yang dibanderol 89,2 juta dolar AS. Perbedaan mendasar dari dua varian ini adalah F-35A lepas landas dan mendarat secara konvensional, sementara varian B bisa dilakukan di landasan pendek. Tak heran jika F-35B biasa digunakan di kapal induk.

Editor: (D.E.S)

One thought on “AS Berikan Lampu Hijau Penjualan F-35 ke Singapura”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s