Indonesia Tertarik dengan Rafale dan Scorpène

Menteri Pertahanan Indonesia sedang menjajaki alutsista buatan Prancis. Jakarta tertarik dengan 48 unit jet tempur Rafale, 4 unit kapal selam Scorpène dan 2 unit kapal perang kelas Gowind.

Seorang sumber mengatakan bahwa Indonesia tertarik dengan pesawat tempur Rafale (Dassault Aviation), Scorpène dan Gowind (Naval Group).

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto telah mengunjungi perusahaan TKMS di Hamburg pada bulan ini.

Dilansir dari laman La Tribune (17/ 1/ 2020), Jakarta tertarik dengan 48 unit jet tempur Rafale, 4 unit kapal selam Scorpène dengan kemampuan meluncurkan rudal SM39 Exocet dan dua unit kapal perang 2.500 ton kelas Gowind.

Ini dimaksudkan untuk dapat diwujudkan melalui perjanjian antar pemerintah antara Perancis dan Indonesia, yang telah berlangsung bertahun-tahun.

Dalam 10 tahun terakhir, Arsenal besutan Paris telah memiliki tempat di Jakarta dengan nilai penjualan mencapai 1,36 miliar Euro, diamana pada tahun 2013 mencetak angka 480 juta Euro. Akusisi Mistral 3 besutan MBDA senilai 200 juta Euro dan 37 unit Caesar besutan Nexter senilai 115 juta Euro.

“The tricolor groups” tidak muncul pada kontrak strategis yang ditandatangani pada tahun 2011 antara Prancis dan Indonesia.

Photo: Rafale (Defence World)

Editor: (D.E.S)

12 tanggapan untuk “Indonesia Tertarik dengan Rafale dan Scorpène”

    1. Kemahalan, gak bisa nyaingi singapor,
      Kalou saja tidak ada catsaa, Sudah benar ambil SU35 sebagai tanding.
      Lebih murah & tidak ribet, bisa barter komoditi, dapet diskon rudalnya.
      Ausi sampai kurang yakin dg F35, minta F22 ke AS gara2 kita pesen SU35

      Suka

  1. Seorang sumber mengatakan bahwa Indonesia tertarik dengan pesawat tempur Rafale (Dassault Aviation), Scorpène dan Gowind (Naval Group).

    Menteri Pertahanan Prabowo Subianto telah mengunjungi perusahaan TKMS di Hamburg pada bulan ini.

    Dilansir dari laman La Tribune (17/ 1/ 2020), Jakarta tertarik dengan 48 unit Rafale, 4 unit SM39 Exocet dan kapal perang 2.500 ton kelas Gowind.

    Tertarik sama scorpene tapi kunjungannya kok ke TKMS Hamburg… maksudnya bijimane om admin

    Suka

  2. Kalo sekedar basa basi karena bentuk penghormati kpd tuan rumah saat kunjungan pejabat kesuatu negara spt biasa dng kata2 “Tertarik” itu memang lumrah dan lazim diucapkan.
    Yg perlu menjadi sorotan disini adalah jumlah yg disebutkan. Tumben2nya pejabat negara menyebutkan jumlahnya, apalagi jumlah tersebut bukanlah jumlah yg sedikit. Kalopun tertarik hanya menyebutkan barangnya saja.

    Pasti ada sesuatu yg keliru dan janggal disini. Kemungkinan statmen itu bukan keluar dr seorang prabowo. Lalu sumbermana yg membuat cerita akan diakuisisi sejumlah alutsista itu .?

    Suka

  3. mantap neh trik nya supaya amerika mau melobi menhan untuk menikung rafale dgn paket F-16 Viper plus bonus diskonan chinook, blackhawk, M113, dll hahaha…

    Suka

  4. ada baiknya punya pilihan non Amrik dan non Russia, tertarik memang blm tentu beli tapi pilihan Rafa cukup tepat utk di realisasi, punya 2 mesin dg jarak jangkau cukup jauh plus pilihan armament lengkap buatan Perancis dlm satu paket dan paling penting tanpa syarat pemakaian utk perang …… kalau kasel baiknya Jerman, korvet tetep harus buatan PAL.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s