KRI Cakra Juga Bakal Diujicoba di Banyuwangi pada Tahun Ini

Banyuwangi menjadi tempat pengujian operasional kapal selam Alugoro karena memiliki karakteristik yang sesuai dengan kebutuhan.

Dilansir dari laman Detik (21/ 1/ 2020), Pelabuhan Tanjung Wangi punya dermaga dengan kedalaman kurang lebih 14 Low Water Spring sehingga bisa disandari oleh kapal selam ini. Dengan begitu, kapal Alugoro lebih mudah untuk melakukan pengujian laut di sekitar pelabuhan tersebut.

“Kita survei Perairan Jawa dan Bali kita temukan yang cocok di area Perairan Utara Bali dan Banyuwangi. Di sini juga ada Lanal, Dermaga Sandar APBN Tanjungwangi, sarana dan prasarana mendukung. Selain itu juga ada sumber listrik yang memadai,” ujar Satriyo Bintoro, GM Submarine PT PAL Indonesia kepada detikcom, Selasa (21/1/2020).

Dalam uji di Banyuwangi, kata Satriyo, Alugoro diuji keseimbangannya selama di permukaan ataupun di bawah permukaan air. Alugoro lolos setelah memenuhi kestabilan berlayar di permukaan maupun saat menyelam di dalam air.

“Pengujian NDD membutuhkan perairan 250 meter. Kemarin sudah melakukan pengujuan awal dan tidak dilakukan di laut lepas. Setelah lulus First Trimming, kapal selam baru boleh diujikan di laut lepas,” tambahnya.

Ke depannya, masih terdapat beberapa tahapan pengujian agar kapal selam karya anak bangsa ini bisa dioperasikan pihak militer.

“Setelah uji SAT, Alugoro akan memasuki Final Completion atau pengujian akhir sebelum benar-benar dapat digunakan (Comissioning),” pungkasnya.

KRI Cakra Juga Bakal Diujicoba di Banyuwangi pada Tahun Ini

Sementara Director Shipbuilding PT PAL Indonesia Turitan Indaryo mengatakan, perairan laut Banyuwangi bakal terus dijadikan tempat ujicoba kapal selam. Tak hanya Alugoro, nantinya, kapal selam KRI Cakra yang kini dimodernisasi juga bakal diujicoba di Banyuwangi.

“(Perairan) Banyuwangi bagus untuk uji coba Kapal Selam. Kita lakukan lagi uji coba KRI Cakra yang saat ini overhoul. Kapal ini sudah berumur 40 tahun lebih kita perbaiki kita jadikan baru dan kita deliver tahun ini juga di Banyuwangi,” pungkasnya.

Photo: KRI Cakra 401 di Fasilitas Kapal Selam PT PAL (24 Maret 2019). (IG military_buzz)

Editor: (D.E.S)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s