Latihan Militer Perdana Rusia – Indonesia Akan Libatkan Kapal Perang

Rusia berencana menggelar latihan militer perdana dengan Indonesia. Duta Besar Rusia di Jakarta, Lyudmila Georgievna Vorobieva, mengatakan latihan perang itu digagas sebagai penguatan kerja sama pertahanan kedua negara di usia 70 tahun hubungan bilateral.

“Lebih dari 40 event direncanakan berlangsung tahun ini terutama dalam konteks kerja sama militer Indonesia-Rusia. Sebagai contoh, kami berharap latihan militer perdana Indonesia-Rusia akan berlangsung tahun ini,” kata Vorobieva, sebagaimana dilansir dari laman CNNIndonesia, Selasa (4/2).

Vorobieva menuturkan latihan militer itu akan melibatkan angkatan laut Indonesia dan Rusia. Sejumlah kapal perang Rusia akan berkunjung dan berlatih di perairan Indonesia.

Menurut Vorobieva, ini merupakan latihan militer biasa yang pernah Rusia lakukan dengan negara-negara lain sebelumnya. Namun, ia tak menjelaskan detail kapan dan di mana latihan perang itu berlangsung.

“Sejauh yang saya tahu, latihan militer ini mencakup angkatan laut kedua negara dan akan ada beberapa kapal perang Rusia yang dikerahkan ke Indonesia untuk mengikuti latihan ini,” kata Vorobieva.

Selain latihan militer antara kedua negara, Vorobieva mengungkapkan bahwa Rusia berencana menggelar latihan militer bersama dengan ASEAN.

Rusia, paparnya, juga akan memberikan beasiswa bagi personel TNI untuk berlatih di situs pendidikan militer mereka.

Photo Ilustrasi: KRI Bung Tomo Pimpim Latgab Maritim UNIFIL (TNI AL)

Editor: (D.E.S)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s