Puing-puing yang Diduga Badan Helikopter MI-17 TNI AD Telah Ditemukan

Helikopter MI-17 dengan nomor registrasi HA-5138 milik TNI Angkatan Darat yang hilang kontak sejak 28 Juni 2019 di Oksibil. (Penerangan Kodam XVII Cendrawasih)
Helikopter MI-17 dengan nomor registrasi HA-5138 milik TNI Angkatan Darat yang hilang kontak sejak 28 Juni 2019 di Oksibil. (Penerangan Kodam XVII Cendrawasih)

Puing-puing yang diduga badan helikopter MI-17 telah ditemukan di kawasan pegunungan Puncak Mandala, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua, Senin (10/2/2020). Namun, tim evakuasi belum dapat mendekati lokasi tersebut karena terhambat cuaca buruk.

Dilansir dari laman Kantor Berita Kompas (10/ 2/ 2020), Hal ini disampaikan Komandan Distrik Militer 1715 Yahukimo Letnan Kolonel Eko Budi saat dihubungi dari Jayapura, Senin sore. Kabupaten Pegunungan Bintang yang berbatasan langsung dengan negara Papua Niugini ini masuk dalam wilayah teritorial Komando Distrik Militer 1715/Yahukimo.

Eko mengatakan, Panglima Komando Daerah Militer XVII Cenderawasih Mayjen Herman Asaribab bersama Bupati Pegunungan Bintang Costan Oktemka, menggunakan helikopter, melihat puing-puing di area pegunungan tersebut.

”Mereka menggunakan helikopter untuk melihat lokasi yang diduga jatuhnya helikopter MI-17 sekitar pukul 08.00 WIT. Di tempat itu, ditemukan puing-puing yang diduga bagian dari helikopter MI 17,” kata Eko.

Ia mengatakan, tim evakuasi belum dapat mendekat ke tempat penemuan puing-puing tersebut karena kondisi cuaca yang berkabut. ”Direncanakan, tim dengan menggunakan helikopter ke lokasi tersebut pada Selasa (11/2/2020) pagi. Mudah-mudahan kondisi cuaca di daerah itu tidak berkabut,” ujar Eko.

Pangdam XVII Cenderawasih Mayjen Herman Asaribab telah berada di Oksibil, ibu kota Pegunungan Bintang, untuk memantau penemuan helikopter bernomor registrasi HA-5138 yang hilang sejak 28 Juni 2019.

Wakil Kepala Penerangan Komando Daerah Militer XII Cenderawasih Letnan Kolonel (Inf) Dax Sianturi menegaskan, Pangdam XVII Cenderawasih Mayjen Herman Asaribab telah berada di Oksibil, ibu kota Pegunungan Bintang, untuk memantau upaya penemuan helikopter dengan nomor registrasi HA-5138 yang hilang sejak 28 Juni 2019.

”Saat ini, kami masih berkoordinasi dengan pemda setempat dan masyarakat untuk memastikan lokasi jatuhnya helikopter. Tujuannya agar upaya evakuasi kali ini benar-benar membuahkan hasil,” kata Dax.

Editor: (D.E.S)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s