PT PAL Usul Tambahan Rp 1,7 T ke DPR Untuk Kebut Proyek Kapal Selam

Saat ini, Indonesia sudah memiliki tiga unit kapal selam baru, yaitu KRI Aluguro, KRI Nagapasa, dan KRI Ardadedali.

Namun, jumlah itu dianggap kurang sebab penggunaan KRI tidak hanya ditujukan untuk tujuan perang atau pertahanan negara saja, akan tetapi juga kerap dialihfungsikan menjadi kapal bantu rumah sakit saat bencana terjadi.

“Pada saat kejadian bencana seperti di Palu kemarin, mau tidak mau KRI atau kapal perang itu kita ubah menjadi kapal bantu rumah sakit,” ujar Direktur Utama PT PAL Indonesia Budiman Saleh dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi VI DPR RI, sebagaimana dilansir dari laman Detik (12/2/2020).

Untuk itu, pihaknya meminta bantuan tambahan dana hingga Rp 1,7 triliun untuk memproduksi kapal selam baru hingga 2021 mendatang.

“Pada 2020 ini kita fokus untuk menyelesaikan unit kapal selam ke 4, 5, dan 6, untuk itu kami berharap adanya kepastian tentang penambahan kekurangan dana PMN Rp 1,7 triliun,” sambungnya.

Selain akan memproduksi 3 kapal selam tersebut, PT PAL Indonesia masih akan memproduksi sekitar 6 kapal selam lagi, sehingga nantinya Indonesia punya 12 unit kapal selam buatan dalam negeri.

Photo: Presiden Joko Widodo bersama Menhan Prabowo Subianto saat meninjau galangan kapal perang PT PAL (27/ 01/ 2020). (Istana Kepresidenan)

Editor: (D.E.S)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s